Dalam Rangka Hari Ozon Sedunia, SPMT Group Gelar Aksi Tanam 2.500 Bibit Pohon


AKTUALITAS.ID – Peringati Hari Pelindo ke-2 sekaligus memperingati Hari Ozon Sedunia, Pelindo Group menggelar aksi tanam 20.000 bibit pohon.

PT Pelindo Multi Terminal, Subholding menggelar aksi penanaman pohon di area Pelabuhan Belawan.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pelindo ke-2 sekaligus juga memperingati Hari Ozon Sedunia.

Acara ini sendiri mengusng tema “Montreal Protocol: Fixing the Ozone Layer and Reducing Climate Change”.

Sub Holding Pelindo Multi Terminal (SPMT) sendiri setidaknya menanam sebanyak 2.500 bibit pohon.

Bibit-bibit tersebut ditanam secara serentak di wilayah operasi SPMT Group di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Sulawesi.

Total, tahun ini Pelindo Group sebagai induk usaha SPMT telah melakukan penanaman 20,000 bibit pohon dan rehabilitasi 222 Hektar mangrove.

Upaya ini dilakukan sebagai upaya menjaga keanekaragaman hayati, serta mengedukasi publik terkait pentingnya ekosistem pesisir bagi Indonesia.

Selain itu, hal ini juga sebagai upaya mendukung program rehabilitasi mangrove nasional.

Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto menjelaskan bahwa kegiatan menanam pohon hari ini sekaligus memperingati Hari Ozon Internasional.

“Lapisan ozon memiliki peran sebagai pelindung permukaan bumi dari bahaya yang ditimbulkan dari radiasi ultraviolet Matahari,” kata Edi.

“Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk menjaga dan melindungi lapisan ozon demi keselamatan dunia, dan mengapa pohon? karena pohon menjadi penolong bagi kita, pohon bisa berfotosintesis dan menghasilkan oksigen, dan hasil dari fotosintesis tadi juga menyerap karbondoksida,” imbuhnya.

Pelindo sendiri juga menunjukkan concern terhadap misi menjaga lingkungan, dan salah satunya lewat kegiatan penanaman pohon ini.

Edi menjelaskan jenis pohon yang ditanam tidak boleh sembarang, artinya bukan jenis pohon yang bisa merusak permukaan tanam.

Karenanya dalam kegiatan ini dipilih pohon sawo kecil dan pohon tanjung.

Menurut Edi, jenis pohon ini cepat tumbuh rindang dan tidak merusak permukaan tanah. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>