Kebiasaan Buruk Bisa Bikin Batu Ginjal, Tak Cuma Banyak Konsumsi Gula


Ilustrasi. Terlalu banyak konsumsi gula . (ist)

AKTUALITAS.ID – Penyakit batu ginjal atau istilah medisnya nefrolitiasis, adalah kondisi terbentuknya materi padat dan keras yang menyerupai batu pada ginjal. Batu tersebut berasal dari garam dan mineral di dalam ginjal. Masalah kesehatan ini bisa muncul di sepanjang saluran urine.

Batu ginjal atau urolithiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Sering kali batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan salin menempel.

Ketika mengalami batu ginjal, biasanya Anda bisa merasakan rasa sakit saat buang air kecil.

Meski bisa menyerang orang-orang dari segala usia, batu ginjal kemungkinan besar terjadi pada usia 30 atau lebih, dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia.

Meskipun usia meningkatkan risiko batu ginjal, kebiasaan sehari-hari juga memainkan peran besar. Berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan batu ginjal yang perlu Anda hindari untuk mencegah penyakit ini.

1. Tidak cukup minum air putih

Banyak kasus dehidrasi disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Namun begitu, banyak orang terkena batu ginjal karena kurangnya asupan cairan.

2. Terlalu banyak konsumsi garam dan gula

Selain menyebabkan penambahan berat badan, gula dan garap juga dapat meningkatkan jumlah kalsium di ginjal. Kondisi ini bisa mendorong pembentukan batu ginjal.

3. Kelebihan berat badan

Menukil Mayo Clinic, indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, ukuran pinggang yang besar, dan penambahan berat badan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

4. Konsumsi protein hewani

Mengutip Urology Center of Florida, daging merah, unggas, telur, produk susu, dan seafood dapat meningkatkan kadar asam urat yang menyebabkan pembentukan batu di ginjal.

5. Makanan kaya oksalat

Tak hanya makanan tidak sehat yang bisa menjadi masalah. Oksalat, yang ditemukan di banyak buah, sayuran, dan kacang-kacangan, dapat menyebabkan pembentukan kristal. Jadi, penting untuk mengetahui makanan mana yang rendah oksalat.

Itulah  kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan batu ginjal. Sebaiknya hindari agar dapat mencegah terserang batu ginjal. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>