KPU Bakal Gelar Pengundian Nomor Urut Paslon Secara Terbuka


Ilustrasi. Gedung KPU . (Ist)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melakukan pengundian nomor urut Capres dan Cawapres secara terbuka yang nantinya dapat disaksikan langsung di gedung KPU RI ataupun melalui siaran live streaming dari akun resmi YouTube KPU RI. 

“KPU akan melakukan live streaming proses pengundian nomor urut bacapres tersebut,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Jumat (10/11/2023).

Dalam pengundian tersebut, KPU akan mengundang seluruh kandidat pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam kegiatan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024. 

Selain itu, KPU juga mengundang seluruh partai politik peserta pemilu yang telah menyatakan dukungan dan bergabung dengan koalisi yang dibentuk masing-masing Paslon. 

“Di pengundian nomor urut pasangan calon capres cawapres tidak hanya parpol peserta beserta pasangan calonnya (yang diundang), kami juga mengundang penyelenggara pemilu, Bawaslu, DKPP dan para stakeholder lainnya,” jelasnya.

Idham menerangkan, adapun sehari sebelum melaksanakan kegiatan pendidikan nomor urut, KPU RI akan melakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) yang digelar Senin (13/11/2023).

Adapun saat ini terdapat tiga pasangan calon yang telah resmi mendaftarkan diri sebagai Capres-Cawapres ke KPU. Tiga Paslon tersebut diantaranya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, dan yang terakhir Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Oleh karena itu lampiran 1 PKPU Nomor 19 Tahun 2023, menjelaskan bahwa penetapan capres, cawapres dilakukan pada 13 November 2023, sehari kemudian di 14 November 2023 KPU mengadakan pengundian nomor urut bacapres dan bacawapres,” pungkasnya. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>