Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Permanen, Jangan Dicukur!


Ilustrasi mencukur bulu kaki

AKTUALITAS.ID – Bulu pada bagian tubuh memang memiliki manfaat tersendiri. Namun, bagi kaum hawa bulu pada bagian tubuh seperti kaki membuat mereka kurang percaya diri.

Bulu kaki yang panjang dan lebat memang lebih identik dengan pria. Sedangkan bagi wanita, kaki yang bersih mulus tanpa bulu merupakan kebanggaan tersendiri.

Beragam cara menghilangkan bulu kaki pun dilakukan para wanita demi mendapatkan penampilan yang sempurna. Ada banyak cara menghilangkan bulu kaki. Anda dapat melakukan perawatan waxing, Hanya saja, cara ini tidak lantas menghilangkan bulu kaki permanen.

Meski memang setelah cukur atau waxing ada yang bulu kakinya jadi lambat tumbuh, tetapi ada juga yang jadi semakin lebat bahkan ujung rambut yang tumbuh terasa lebih tajam.

Berikut beberapa cara menghilangkan bulu kaki secara permanen yang bisa dilakukan di perawatan ke klinik kecantikan, dirangkum berbagai sumber.

Hindari mencukur bulu kaki

Mencukur atau shaving adalah metode praktis dan cepat untuk menghilangkan bulu kaki. Namun cara ini hanya bertahan sementara karena akar rambut masih ada dan bakal terus tumbuh.

Alternatifnya Anda bisa melakukan waxing, yaitu metode mencabut bulu kaki secara paksa dengan cairan perekat agar bulu-bulu di bawah permukaan kulit terangkat.

Metode waxing sebenarnya tidak bersifat permanen, tetapi setidaknya pertumbuhan bulu kaki jadi lebih lambat sehingga Anda tidak perlu sering mencukur.

Krim penghilang bulu permanen

Cara menghilangkan bulu kaki dapat menggunakan krim khusus penghilang bulu permanen. Krim penghilang bulu permanen memang banyak dijual bebas di apotek.

Akan tetapi, dianjurkan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit atau dermatolog terkait kandungan serta aturan pemakaiannya supaya aman dan mencegah efek samping yang mungkin timbul. Mengingat tidak semua bahan-bahan yang terkandung di dalam krim penghilang bulu cocok untuk kulit Anda

Perawatan Intense Pulsed Light (IPL)

Intense Pulsed Light (IPL) adalah teknik menghilangkan bulu secara permanen yang menggunakan spektrum cahaya intensitas tinggi.

Perawatan IPL ini berbeda dengan laser. Sebab IPL memanfaatkan lebih banyak gelombang cahaya yang diarahkan ke bagian kaki untuk merontokkan bulu atau rambut.

Selain efektif menghilangkan bulu kaki secara permanen, perawatan IPL perlu dilakukan berulang sekitar 3-5 kali tergantung kondisi sampai mendapat hasil maksimal.

Perawatan laser hair removal

Cara menghilangkan bulu kaki permanen bisa dengan laser hair removal. Metode laser menggunakan satu jenis gelombang cahaya untuk menghilangkan bulu di area tertentu.

Cahaya laser yang ditembakkan akan diserap oleh pigmen (warna) di rambut. Seiring waktu, efeknya akan menghancurkan folikel rambut sehingga bulu-bulu di kaki tidak tumbuh kembali.

Diperlukan setidaknya enam kali perawatan atau mungkin lebih banyak agar bulu di kaki bisa tumbuh lagi.

Menggunakan metode elektrolisis

Metode elektrolisis dapat secara permanen menghilangkan bulu-bulu tubuh yang tidak diinginkan. Caranya dengan mengirimkan arus listrik melalui folikel rambut, kemudian folikel akan dibuat rusak untuk mencegahnya tumbuh kembali.

Sama dengan perawatan IPL dan laser, elektrolisis hanya boleh dilakukan oleh dokter di klinik kecantikan terdaftar. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>