Presiden Jokowi Resmikan Dua Bandara dan Kampung Nelayan Modern di Papua 


Presiden Joko Widodo saat meresmikan dua bandara di Papua. (Biro Pers)

AKTUALITAS.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Bandara Siboru Fakfak, Papua Barat, dan Bandara Douw Aturure Nabire, Papua Tengah, Kamis (23/11/2023). 

Selain itu, Presiden juga meresmikan Kampung Nelayan Modern di Desa Samber Binyeri, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Presiden Jokowi mengatakan akses transportasi di Tanah Papua tidak mudah, sebab masih banyak daerah yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Tak jarang, masyarakat memerlukan waktu tempuh selama berjam-jam bahkan ada yang sampai berhari-hari untuk sampai ke suatu daerah.

Perkembangan sektor pembangunan dan ekonomi di Tanah Papua yang meningkat membutuhkan fasilitas dan sarana transportasi yang lebih baik. 

“Bandara Siboru dan Bandara Douw Aturure yang kita resmikan pada hari ini akan meningkatkan konektivitas di Papua, meningkatkan mobilitas orang, meningkatkan mobilitas barang, dan membuka banyak peluang untuk memicu tumbuhnya ekonomi ekonomi baru, usaha-usaha baru,” ujar Presiden. 

Bandara Siboru akan menjadi jembatan udara di wilayah Papua Barat untuk menghubungkan Fakfak, Sorong, Timika, Kaimana, Amahai, Dobo, Bintuni, dan sejumlah daerah lainnya.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengimbau kepada jajaran pemerintah daerah agar masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan kedua bandara tersebut dengan baik, baik untuk pergerakan orang maupun untuk memperkenalkan potensi yang ada di Papua.

“Memanfaatkan akses yang makin terbuka untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah kita ini, memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang ada, dan meningkatkan kunjungan wisaatawan ke Papua,” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, Ketua DPRD Provinsi Papua Barat Orgenes Wonggor, serta Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>