Ibu Hamil Penting Mengkonsumsi Asam Folat, Kenapa? Simak Penjelasannya


Ilustrasi. Ibu hamil (ist)

AKTUALITAS.ID – Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mulai dari zat besi, protein, vitamin, hingga berbagai mineral penting lainnya. Selain itu, ada pula satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu asam folat.

Asam folat, termasuk nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan Si Kecil meski dalam kandungan. 

Manfaat asam folat bagi ibu hamil bukan cuma itu saja. Asam folat bisa mengoptimalkan perkembangan tabung saraf janin sebagai pembentuk sel darah merah, hingga pembentuk sumsum tulang belakang.

Selain itu, jika asam folat dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan ada banyak perlindungan yang bisa diberikan asam folat. 

Berikut beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil:

– mencegah bibir sumbing pada anak,

– mencegah lahir prematur,

– mencegah berat lahir rendah,

– mencegah keguguran,

– mencegah rahim tidak tubuh.

Selain itu, asam folat juga baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan, penyakit jantung, stroke, hingga berbagai jenis kanker.

Kebutuhan asam folat untuk kehamilan

Semua wanita di usia reproduksi setidaknya membutuhkan 400 mcg asam folat setiap hari, baik sebelum atau selama masa kehamilan.

Tapi, kelebihan asam folat juga belum tentu baik. Terkecuali jika dokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak untuk kesehatan di masa kehamilan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa dosis asam folat yang dibutuhkan wanita dari mulai sebelum hamil hingga di masa menyusui.

1. Saat hendak hamil

Saat memasuki masa subur dan berencana memiliki anak, maka Anda perlu mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari.

2. Tiga bulan pertama kehamilan

Di masa ini, Anda membutuhkan 400 mcg asam folat.

3. Bulan keempat hingga sebelum melahirkan

Sebelum anak lahir, mulai dari bulan keempat dosis asam folat yang dibutuhkan akan meningkat. Total dosisnya yakni sebanyak 600 mcg.

4. Saat menyusui

Di masa menyusui, ibu tetap memerlukan asam folat. Dosisnya sebanyak 500 mcg per hari.

Selain dari vitamin dan suplemen, ada beberapa makanan yang mengandung asam folat. Anda bisa mengonsumsi sereal saat sarapan, hati sapi yang direbus, bayam, hingga berbagai jenis kacang-kacangan. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>