Melalui BIS 2023, Kota Bandung Tawarkan 12 Proyek Senilai Rp 6 Triliun


Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat membuka Bandung Investment Summit (BIS) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023). (Foto: Antara)

AKTUALITAS.ID – Untuk mengejar realisasi investasi di 12 proyek dengan nilai investasi mencapai Rp6 triliun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat menjaring investor melalui Bandung Investment Summit (BIS) 2023.

Melalui kegiatan tersebut, harapannya bisa meningkatkan minat investasi di Kota Bandung. “Ada 12 proyek investasi yang kami tawarkan kepada calon investor.  Kami optimis target realisasi investasi Rp7,25 triliun bisa tercapai,” kata Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, di Bandung, Selasa (5/12/2023).

Ia mengatakan pemerintah kota telah mengeluarkan dua perda khusus, yakni Perda Nomor 5 Tahun 2022 tentang Tata Ruang dan Perda Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Penanaman Modal guna memudahkan para investor beraktivitas dan menanam modal di Kota Bandung.

“Perda Tata Ruang Wilayah Kota Bandung menjadi platform paling utama untuk memberikan kepastian investasi. Kira-kira sekitar Desember 2023 atau Januari 2024 rencana detail perda tata ruang bisa segera ditetapkan,” ujar Bambang.

Menurutnya, dampak dari tumbuhnya investasi di Kota Bandung ini sangat berdampak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2022, IPM di Kota Bandung mencapai nilai 82,5. Di tahun 2023 targetnya 83,05.

“Indikator IPM ada tiga, yakni kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Saya optimis dengan hasil nilai investasi dan kondisi inflasi kita tahun ini,” tambahnya.

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), jumlah penanaman modal asing (PMA) mulai triwulan I hingga triwulan III 2023, jumlah proyek mencapai 1.078 dengan nilai investasi berkisar Rp3,3 triliun.

Kemudian, penanaman modal dalam negeri (PMDN) berjumlah 8.030 proyek dengan nilai investasi berkisar Rp3 triliun.

Total nilai investasi yang sudah tercapai berkisar Rp6,3 triliun dari target keseluruhan pada 2023 sebesar Rp7,25 triliun.

Sementara Kepala DPMPTSP Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin mengatakan BIS 2023 merupakan agenda rutin tahunan untuk mempromosikan investasi di Kota Bandung.

“Kota Bandung merupakan salah satu destinasi investasi dengan sumber daya manusia dan sarana prasarana strategis serta pusat perekonomian di Jawa Barat yang menjadi daya tarik investasi,” kata Ronny.

Pihaknya terus meningkatkan realisasi investasi yang masuk ke Kota Bandung dengan memberikan sejumlah kemudahan pemberian izin usaha bagi investor dengan berbagai inovasi perihal perizinan.

“Untuk mempermudah proses perizinan, kami telah melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan melakukan pendampingan bagi calon investor dalam berkonsultasi keluhan atau lain sebagainya yang berkaitan dengan proses perizinan,” pungkasnya. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>