Anggarkan Rp200 Juta, Dinas Sosial Siapkan Rumah Penampungan Sementara 


Kepala Dinas Sosial Balikpapan Edy Gunawan (Humas Pemkot Balikpapan)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Kota melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan menggelontorkan anggaran sebesar Rp200 juta untuk  menyiapkan rumah penampungan sementara untuk anak jalanan dan orang terlantar.

Rumah penampungan sementara ini dibangun dengan merenovasi di salah satu bangunan di dekat Panti Asuhan Manuntung yang terletak di kawasan Gunung Pasir, Kecamatan Balikpapan Kota.

Kepala Dinsos Kota Balikpapan Edy Gunawan menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan proses renovasi bangunan yang akan dipergunakan.

Selain itu, di lokasi yang sama, pihaknya juga akan membangun gedung baru yang berfungsi sebagai rumah penampungan sementara juga.

Saat ini Dinsos Balikpapan sedang membahas detail engineering design (DED) rumah penampungan sementara tersebut.

DED adalah dokumen desain teknis bangunan yang terdiri atas gambar teknis, spesifikasi teknis, dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan.

“Saya harap ini bisa rampung 2024,” kata Edy Gunawan.

Jumlah anak jalanan yang beroperasi di beberapa simpang lampu lalu lintas dan fasilitas publik di Kota Balikpapan terus meningkat selama wabah Covid-19. Meski ditertibkan, mereka tetap selalu muncul dengan berjualan tisu di persimpangan jalan atau mengemis dan mengamen.

Karena itu, kata Edy, keberadaan rumah singgah ini menjadi penting, sebab sangat bermanfaat dalam memberikan pembinaan. Dengan adanya rumah singgah, ada tempat untuk memberikan pengajaran, keterampilan dan pemahaman agar tidak kembali ke jalan.

Menurut Edy, dari beberapa anak jalanan yang tertangkap saat razia diketahui banyak dari mereka yang berasal dari luar Balikpapan, seperti dari Makassar atau daerah lain. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>