Pengamat Menilai Pembangunan Kota Solo Berdampak Positif bagi Ekonomi Warga


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (ist)

AKTUALITAS.ID – Pengamat ekonomi dan properti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Ariyanto Adhi Nugroho menilai pembangunan dan revitalisasi yang dilakukan saat ini berada pada arah yang tepat untuk meningkatkan perekonomian di Kota Solo.

“Solo merupakan salah satu kota yang mempunyai aktivitas cukup banyak. Kota yang bisa memberikan ruang atau tempat kepada masyarakatnya. Infrastruktur yang dibangun memberikan banyak manfaat,” kata Ariyanto, Jumat (15/12/2023).

Ariyanto menyampaikan, infrastruktur yang telah dibangun di Kota Solo, seperti Taman Balekambang dan revitalisasi Solo Safari memberikan manfaat yang besar baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Ia juga menyoroti pembangunan tempat keagamaan yang menjadi daya tarik penikmat wisata budaya sekaligus religi.

“Kita juga melihat adanya pembangunan-pembangunan yang berkaitan dengan keagamaan. Ada Masjid Sheikh Zayed yang menjadi salah satu ikon besar. Ini memberikan nilai tambah besar, tidak hanya wisata budaya, tetapi juga religi,” kata Ariyanto.

Tak hanya itu, Ariyanto juga menekankan pentingnya proyek-proyek yang ditujukan untuk mengatasi masalah banjir dan kemacetan di Kota Solo. Upaya perbaikan, normalisasi saluran, dan langkah-langkah lainnya diharapkan dapat mengurangi risiko banjir dan mendukung pertumbuhan ekonomi di kota tersebut.

Ia menilai proyek baru, seperti Simpang Tujuh Joglo Solo akan berdampak positif pada aksesibilitas dan peningkatan nilai properti di masa mendatang. Pembangunan jembatan di Simpang Joglo dianggap sebagai solusi yang memberikan akses lebih baik, khususnya bagi mereka yang masuk ke Kota Solo dari jalur utara.

Ariyanto optimistis pembangunan tersebut akan membawa dampak positif bagi pasar properti Kota Solo dan daerah sekitarnya. Ia juga menekankan bahwa optimalisasi transportasi publik seperti bus Batik Solo Trans (BST) perlu menjadi fokus, dengan harapan masyarakat dapat lebih aktif menggunakannya untuk mendukung mobilitas yang berkelanjutan.

Seperti diketahui, kinerja calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka selama memimpin Kota Solo telah menarik perhatian publik.  Lebih dari dua tahun kepemimpinannya dapat dilihat dari berbagai proyek prioritas yang berhasil dibangun di Kota Solo. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>