Antisipasi Serangan Teroris di Prancis, 90.000 Petugas Polisi Dikerahkan di Malam Tahun Baru 


Polisi Perancis siaga di depan menara Eiffel di Paris (foto: dok: REUTERS).

AKTUALITAS.ID – Antisipasi ancaman serangan teroris pada malam Tahun Baru besok. Polisi Prancis dalam kondisi siaga tinggi dengan memperketat keamanan.

Kepala Intelijen Prancis Celine Berthon pada Jumat (29/12/2023) mengatakan, akan ada peningkatan langkah-langkah keamanan secara nasional, termasuk pengerahan 90.000 petugas polisi pada malam Tahun Baru 2024.

Diperkirakan, sebanyak 1,5 juta orang menghadiri perayaan malam Tahun Baru di Champs-Elysees. 

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan Paris berencana mengerahkan 6.000 petugas polisi untuk menjamin keamanan selama perayaan tersebut. Petugas akan diizinkan menggunakan drone untuk pertama kalinya sebagai bagian dari operasi.

Darmanin mengaitkan kemungkinan besar terjadinya rencana teroris dengan perang yang sedang berlangsung di Gaza antara Israel dan Hamas .

Prancis telah berada dalam siaga tinggi selama berhari-hari setelah sejumlah rencana ISIS yang menargetkan Eropa digagalkan. Pakar kontraterorisme mengatakan kelompok tersebut memanfaatkan konflik di Gaza untuk menggalang dukungan bagi perjuangan mereka sendiri.

Polisi telah melakukan sejumlah penangkapan di Prancis, Spanyol, Austria dan Jerman selama periode Natal. Sebanyak lima orang ditangkap minggu lalu di Prancis utara sebagai bagian dari penyelidikan rencana teroris. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>