Setelah 2 Tahun Berperang, Rusia dan Ukraina Saling Bertukar Tawanan


Rusia dan Ukraina saling Bertukar Ratusan Tawanan Peang. (lst)

AKTUALITAS.ID – Rusia dan Ukraina bertukar ratusan tawanan perang dalam pembebasan tawanan terbesar sejak invasi Rusia pada Februari 2022, Rabu (3/1/2024).

Melansir AP News, Kamis (4/1/2024), pihak berwenang Ukraina menyatakan, 230 tawanan perang Ukraina dikembalikan ke rumah dalam petukaran pertama dalam hampir lima bulan. 

Sedangkan, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, sebanyak 248 prajuri Rusia telah dibebaskan di bawah kesepakaan yang disponsori Uni Emirat Arab (UEA).

Ombudsman Hak Asasi Manusia, Dymtro Lubinets mengatakan bahwa ini adalah pertukaran tahanan ke-49 selama perang. Beberapa di antara mereka terlibat dalam pertempuran penting di Pulau Ular Ukraina

dan Mariupol, Ukraina.

Namun situasi kota perbatasan Belgorod, Rusia masih tegang pada Rabu, sebagaimana yang disampaikan Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov melalui Telegram.

“Sistem pertahanan udara berfungsi,” ujar Gladkov.

Sisi perbatasan Rusia semakin sering diserang dalam beberapa hari terakhir. Sepanjang perang, desa-desa perbatasan secara sporadis menjadi sasaran tembakan artileri, roket, mortir, dan drone Ukraina yang diluncurkan dari hutan lebat sehingga sulit dideteksi.

Belakangan ini juga, ketika Rusia menembakkan rudal dan drone ke kota-kota Ukraina, pasukan Kyiv membidik ibu kota regional Belgorod, yang berjarak sekitar 100 kilometer (60 mil) di utara Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Pada hari Sabtu (30/12/2023) penembakan di Belgorod menewaskan 25 orang, termasuk lima anak-anak, dalam salah satu serangan paling mematikan di tanah Rusia sejak invasi besar-besaran Moskow. Warga sipil lainnya tewas dalam serangan baru, Selasa (2/1/2024). (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>