6 Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi, Bisa Dilakukan di Rumah


Ilustrasi gigi putih [shutterstock]

AKTUALITAS.ID – Memiliki gigi yang bersih dan sehat tentu baik untuk kesehatan dan bisa meningkatkan rasa percaya diri. Namun, terkadang karang gigi bisa muncul mengganggu penampilan.

Tidak hanya merusak penampilan, lapisan kotoran tersebut berpotensi menyebabkan masalah gigi yang lebih serius bila kamu membiarkannya saja.

Berbeda dari plak biasa, karang gigi lebih susah untuk hilang.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami ternyata bisa dilakukan di rumah. Mulai saja dari pemilihan sikat dan pasta gigi yang tepat.

Meski sudah merawat mulut dan gigi dengan baik, tetap saja muncul karang gigi.

Biasanya disarankan untuk membersihkan karang gigi di dokter gigi secara rutin. Namun ternyata selain itu ada cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Sebenarnya cukup sulit menghilangkan karang gigi tanpa alat khusus yang dimiliki dokter gigi. Namun beberapa cara berikut mampu mengontrol karang gigi.

1. Pemilihan sikat dan pasta gigi yang tepat

Melansir dari WebMD, studi menemukan sikat gigi elektrik bisa membersihkan plak yang jika mengeras bakal jadi karang gigi. Kemudian pilih pasta gigi yang mengandung fluoride.

Fluoride akan membantu memperbaiki email gigi. Beberapa produk pasta gigi mengandung triclosan yang mampu melawan bakteri.

2. Cara menyikat gigi yang benar

Pemakaian sikat dan pasta gigi yang tepat perlu didukung cara menyikat gigi yang benar.

Gosok gigi secara teratur, dua kali sehari selama sekitar dua menit. Gosok gigi cuma selama 30 detik tidak akan mengontrol karang gigi.

3. Pakai baking soda

Soda kue alias baking soda merupakan bahan abrasif alami yang bisa jadi salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Melansir dari Healthshots, Anda cukup mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Gunakan untuk menggosok gigi seperti biasa lalu bilas. Ulangi seminggu sekali.

4. Pakai benang gigi

Tak cukup dengan sikat gigi, Anda perlu benang gigi (floss) untuk kebersihan gigi secara menyeluruh. Benang gigi mampu membersihkan sisa makanan di sela gigi yang tidak bisa dijangkau sikat gigi.

5. Perhatikan asupan

Makanan yang dikonsumsi turut menentukan penumpukan plak hingga jadi karang gigi. Bakteri dalam mulut berpesta saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan makanan berpati.

Sebenarnya Anda tidak harus mengeliminasi gula dan pati dari asupan. Namun perhatikan jumlah asupan dan biasakan membilas mulut dengan air putih setelah selesai makan.

6. Hindari merokok

Studi menunjukkan para perokok atau pemakai produk tembakau lain cenderung punya karang gigi. Oleh karenanya, cara menghilangkan karang gigi secara alami cukup hindari kebiasaan merokok. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>