Kapolresta Gorontalo Minta Personel Jaga Netralitas pada Pemilu Serentak 2024


Kapolresta Gorontalo Kota, Kombes Pol. Dr. Ade Permana. (ist)

AKTUALITAS.ID – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Gorontalo Kota Kombes Pol. Ade Permana meminta kepada seluruh personel di jajarannya untuk selalu menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Ade mengatakan di Gorontalo, Sabtu bahwa salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dipatuhi oleh seluruh personel Polri adalah, tidak akan terlibat dalam politik praktis selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Netralitas Polri diatur dalam Undang-undang, peraturan pemerintah, dan diperkuat dengan Surat Telegram Kapolri, sehingga secara jelas Kapolri telah menurunkan arahan netralitas Polri dalam pemilu.

Ini pun diperkuat dengan Undang-undang yang mengatur tentang Kepolisian, dimana seperti yang tertuang dalam Pasal 28 ayat (1) dan (2), bahwa dalam Pemilu, polisi harus netral.

Anggota Polri sendiri kata dia merupakan salah satu sektor terdepan yang bertanggungjawab memastikan seluruh tahapan pemilu berjalan dengan aman, damai dan lancar.

Kondisi itu untuk mengoptimalkan penerapan aturan tersebut.

Kapolresta mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi secara intensif melalui platform media sosial, agar seluruh personel di jajarannya mengetahui dan memahami batasan-batasan yang harus dijaga.

Ia mengatakan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007, telah diatur soal tugas polisi dalam menjaga calon Presiden dan calon Wakil Presiden, kotak suara, serta memastikan seluruh pengamanan tahapan pemilu.

“Ada sanksi tegas menanti bagi anggota yang melanggar aturan tersebut,” katanya pula.

Dengan komitmen Polri untuk menjaga netralitas-nya, sehingga diharapkan seluruh personel untuk tidak bermain-main atau mencoba-coba berada di ranah politik.

“Jangan melibatkan diri dalam politik, baik dalam bentuk simbol maupun dukungan keberpihakan terhadap peserta pemilu tertentu,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>