Dinkes Banten Buka Layanan Rujukan Bagi Caleg Gagal Alami Gangguan Jiwa


Kepala Dinkes Banten, Ati Pramudji Hastuti. (ist)

AKTUALITAS.ID – Pesta demokrasi lima tahunan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan yang berujung pada stres dan mental. Terutama bagi para Caleg di wilayah Banten, bakal ada ratusan peserta Pemilu yang berkontestasi memperebutkan kursi wakil rakyat yang bakal gagal.

Oleh karena itu, Dinkes Banten membuka layanan rujukan bagi Caleg gagal yang alami gangguan jiwa ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO).

Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Pemprov Banten saat ini belum memiliki RSKO. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan rumah sakit rujukan yang bisa merawat orang stres atau gangguan jiwa.

“Kami sudah koordinasikan dengan seluruh rumah sakit, khususnya rumah sakit umum untuk menampung jika ada para Caleg yang mengalami masalah kejiwaan setelah Pilpres berlangsung,” katanya, Selasa (30/1/2024).

Ia mengungkapkan, butuh diagnosa dokter untuk memastikan Caleg mengalami gangguan jiwa. Sehingga perlu ada perawatan terlebih dahulu.

Caleg yang berobat di rumah sakit milik Pemprov Banten, akan tetap dilayani. Jika sudah masuk gangguan jiwa akut, akan dirujuk ke RSKO.

“Kalau yang sifatnya akut, nanti kita akan rujuk ke rumah sakit Grogol,” ungkapnya.

Ia menuturkan, Dinkes Banten belum pernah merujuk Caleg gangguan jiwa pada Pemilu 2019. Meski demikian, pihaknya telah bekerjasama dengan RSKO Grogol sebagai rumah sakit rujukan gangguan jiwa.

“Namun kita juga bekerjasama dengan rumah sakit Grogol RSKO yang jika itu perlu rujukan, ketika tidak bisa ditangani di rumah sakit umum, maka kita akan rujuk ke RSJKO Grogol,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>