5 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi bagi Penderita Darah Tinggi


Ilustrasi ikan salmon (Sumber: Pixabay)

AKTUALITAS ID – Penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) tentunya sangat perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tidak menimbulkan masalah bagi tubuh. 

Selain harus menghindari beberapa makanan tertentu seperti daging merah yang tinggi lemak, ternyata penderita darah tinggi juga perlu menghindari mengonsumsi beberapa jenis ikan.

Secara umum, ikan kaya akan berbagai nutrisi seperti protein, omega 3, vitamin, dan mineral. Namun ikan-ikan berikut tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi.

1. Salmon hasil ternak

Bukan sama sekali tidak boleh dimakan, melainkan Anda sebaiknya membatasi konsumsi salmon terutama salmon hasil ternakan.

Sebagian besar salmon dibudidayakan di kandang padat. Seperti dilansir dari Eating Well, kandang yang padat rawan parasit dan penyakit.

Salmon ternakan pun dibudidayakan di jaring terbuka, diberi antibiotik untuk memerangi penyakit. Makanan dan limbahnya pun jadi sampah di lautan. Sebagai alternatif, pilih salmon air tawar dengan praktik peternakan yang baik.

2. Tuna sirip biru

World Wildlife Fund memasukkan tuna sirip biru ke dalam spesies yang terancam punah. Sementara Seafood Watch memperingatkan populasi ikan ini semakin berkurang sebab perburuannya berlebihan.

Di sisi lain, tuna sirip biru juga kurang direkomendasikan buat penderita darah tinggi. Ikan mengandung kadar merkuri tinggi.

Sebuah riset yang diterbitkan di jurnal Hypertension menemukan merkuri berkaitan dengan kenaikan tekanan darah.

“Peningkatan kecil tekanan darah akibat metil merkuri tidak akan pernah melebihi manfaat asam lemak omega-3,” kata Eric Dewailly, penulis utama studi, mengutip dari Daily Express.

3. Orange roughly

Ikan orange roughly atau disebut red roughly merupakan salah satu ikan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi. Kenapa?

“Orange roughy mempunyai umur yang panjang, yang berarti ia sering membawa banyak kontaminan sepanjang masa pakainya, termasuk merkuri tingkat tinggi,” kata Lauri Wright, ahli diet dan profesor di University of South Florida College, melansir dari NY Post.

4. Ikan sebelah (sole)

Sole atau disebut ikan sebelah termasuk dalam keluarga flatfish. Ikan ini punya bagian tubuh datar (flat) dan kedua mata menghadap ke atas.

Ikan sebelah tidak disarankan untuk penderita darah tinggi sebab punya kandungan natrium tinggi. Selain itu, ada risiko kontaminan tinggi dan rendah nutrisi menyehatkan jantung seperti omega 3, potassium, dan magnesium.

5. Hiu

Sebagian orang memasukkan hiu dalam ikan yang dikonsumsi. Hidangan sirip hiu terbilang populer dan mewah. Namun hiu sebenarnya bukan bahan pangan yang sehat. Ikan ini pun termasuk ikan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi.

“Hiu mengandung merkuri yang sangat tinggi, yang merupakan racun saraf. Ini harus dihindari sepenuhnya oleh wanita hamil dan anak-anak. Selain itu, populasi hiu juga menurun,” kata Wright.

Itulah 5 jenis ikan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi. Sebaiknya dihindari. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>