Korea Selatan Maju ke Semifinal Piala Asia 2023, Usai Menang 2-1 Atas Australia 


Para pemain Korea Selatan menyapa penggemarnya usai mengalahkan Australia di perempat final Piala Asia 2023 di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 2 Februari 2024. (AFP)

AKTUALITAS.ID – Korea Selatan menyingkirkan Australia 2-1 lewat perpanjangan waktu untuk maju ke semifinal Piala Asia 2023.

Laga perempat final antara Korea Selatan kontra Australia ini digelar di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Korea mendominasi permainan sejak kick off babak pertama dimulai. Hasilnya tim asuhan Jurgen Klinsmann membuat Australia kesulitan untuk keluar melakukan serangan.

Australia yang mengandalkan serangan balik justru mendapatkan peluang emas untuk unggul pada menit ke-19. Sayangnya bola rebound yang dieksekusi Conor Metcalfe hanya berada tipis di samping gawang.

Tekanan Korea akhirnya berbuah hasil pada menit ke-32. Umpan Seol Young-woo bisa disontek Hwang Hee-chan di depan gawang.

Namun wasit asal Oman Ahmed Abu Bakar menganulir gol tersebut. Ini karena Seol sudah lebih dulu offside sebelum mengumpan bola kepada Hwang.

Kesalahan yang dilakukan Hwang In-beom mendekati akhir babak pertama berakibat fatal buat Korea. Ini membuat Australia bisa mencetak gol yang dicetak Craig Goodwin dan mengubah skor jadi 1-0.

Pertandingan berlangsung lebih berimbang di babak kedua. Korea tidak lagi leluasa karena Australia juga melahirkan sejumlah ancaman ke gawang Taegeuk Warriors.

Dua peluang emas bahkan didapat Australia melalui Martin Boyle. Tetapi dua peluang itu bisa dimentahkan oleh kiper Jo Hyeon-woo pada menit ke-53.

Pada menit ke-60 giliran Korea yang mengancam. Hanya saja upaya dari Hwang Hee-chan masih bisa diamankan Mathem Ryan.

Memasuki 20 menit terakhir pertandingan, peluang emas justru didapat oleh Australia. Peluang terbuka bahkan didapat Mitchell Duke namun sundulannya dari jarak dekat justru menyamping di sisi kiri gawang.

Australia yang sudah begitu dekat dengan kemenangan justru harus menerima kenyataan pahit. Pelanggaran Lewis Miller kepada Son Heung-min membuat wasit menunjuk titik penalti pada menit ke-90+4.

Hee-chan maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugas untuk membuat skor jadi 1-1 sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Korea akhirnya bisa unggul untuk pertama kalinya di laga ini pada menit ke-104. Tendangan bebas berkelas Son di dekat kotak penalti bersarang mulus ke gawang Australia tanpa mampu dibendung Mathew Ryan.

Australia yang coba mencetak gol penyama kedudukan justru berada di situasi yang semakin sulit. Ini karena Aiden O’Neill dikartu merah wasit setelah melanggar dengan keras Hee-chan saat perebutan bola.

Korea yang unggul jumlah pemain mendapatkan sejumlah peluang lain. Namun penyelesaian akhir yang tak memuaskan membuat tidak ada gol tambahan tercipta hingga berakhirnya babak kedua perpanjangan waktu.

Dengan hasil ini, Korea Selatan dipastikan akan menghadapi Jordania di babak semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (6/2) malam WIB.

Jordania sendiri berhasil mengamankan tiket semifinal setelah menang tipis 1-0 atas Tajikistan. (YAN KUSUMA/RAFI)

Susunan pemain

Australia (4-3-3): Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Conor Metcalfe, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Mitchell Duke, Craig Goodwin

Korea Selatan (4-2-3-1): Jo Hyeon-woo; Kim Tae-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Seol Young-woo; Park Yong-woo, Hwang In-beom; Lee Kang-in, Son Heung-min, Hwang Hee-chan; Cho Gue-sung

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>