Aplikasi Berbahaya di Play Store Bisa Curi Data Perbankan di Ponsel, Waspada!


Ilustrasi. Ponsel

AKTUALITAS.ID – Pengguna ponsel Android perlu mewaspadai aplikasi gratis yang ada di Google Play Store. Pasalnya aplikasi gratis menyimpan malware trojan yang bisa mencuri data perbankan yang telah tersimpan di ponsel kesayangan.

Dilaporkan HT Tech, Kamis (22/2) beberapa aplikasi gratis yang ada di Google Play Store berbahaya itu memiliki trojan bernama Anatsa. Trojan itu mengincar data-data perbankan yang tersimpan di ponsel.

“Saat ini Play Store dan App Store sudah memperbaiki sistem keamanan mereka. Hanya saja orang-orang tidak bertanggung jawab berhasil menemukan cara baru untuk mengelabui sistem,” tulis HT Tech.

Buktinya salah satu aplikasi gratis di Play Store yang terbukti memiliki trojan Anatsa justru telah diunduh sebanyak 150.000 kali. Pasalnya aplikasi itu bersembunyi dalam bentuk aplikasi PDF yang sangat diperlukan banyak orang. Apalagi aplikasi itu bisa didapat tanpa mengeluarkan biaya.

Untuk upaya pencegahan, pengguna ponsel Android perlu mengetahui beberapa aplikasi yang telah terkonfirmasi memiliki trojan Anatsa. Berikut daftarnya:

– Phone Cleaner – File Explorer

– PDF Viewer – File Explorer

– PDF Reader – Viewer & Editor

– Phone Cleaner: File Explorer

– PDF Reader: File Manager

Ancaman trojan Anatsa ini menunjukkan pengguna ponsel Android memang perlu waspada sebelum mengunduh aplikasi gratis apa pun dari toko aplikasi. Selain itu, perlu diingat bahwa banyak aplikasi gratis mengenakan biaya untuk menggunakan layanan mereka baik melalui mode pembayaran atau dengan menampilkan iklan dan dalam banyak kasus mereka bahkan membuat pengguna berlangganan ke berbagai layanan berbayar yang juga menghasilkan uang.(YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>