3 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an Selama Bulan Suci Ramadhan


ilustrasi membaca Al-Quran. (Ist)

AKTUALITAS.ID – Bulan suci Ramadhan juga disebut sebagai bulan turunnya kitab suci Al-Qur’an. Oleh sebab itu, memperbanyak membaca Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang dianjurkan pada bulan suci Ramadhan.

Berkaitan dengan hal tersebut, mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan suci Ramadhan dianjurkan bagi seluruh umat muslim. Sebab sebagaimana memperbanyak baca Al-Qur’an, mengkhatamkan Al-Qur’an memiliki sederet keutamaan.

Berikut ini merupakan tips mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari website Kementerian Agama (Kemenag), tips yang dapat dilakukan agar bisa mengkhatamkan Al-Qur’an selama bulan suci Ramadhan, yaitu:

1. Gunakan Jumlah Juz dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an terbagi atas 30 juz yang masih-masing berjumlah 11 lembar atau 22 halaman. Maka agar dapat mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan, umat muslim dapat menargetkan 1 juz Al-Qur’an untuk dibaca dalam satu hari.

2. Gunakan Jumlah Lembar dalam Tiap Juz Al-Qur’an

Tips ini dapat digunakan bagi mereka yang merasa berat menamatkan satu juz Al-Qur’an dalam satu waktu. Caranya dengan membagi jumlah lembar atau halaman satu juz Al-Qur’an lalu membacanya setiap selesai melaksanakan shalat fardhu.

Misalnya saja pada mushaf Al-Qur’an yang umumnya beredar di tengah masyarakat Indonesia, rata-rata dalm satu juznya terdiri atas 9-10 lembar. Jumlah lembar ini kemudian dibagi dengan lima waktu shalat. Maka agar dapat membaca satu juz sehari, seseorang dapat membaca sebanyak dua lembar setiap selesai shalat fardhu.

3. Gunakan Jumlah Lembar atau Halaman dalam Al-Qur’an

Metode ini dapat digunakan dengan membagi seluruh jumlah halaman mushaf dengan jumlah hari berpuasa. Misalnya saja pada mushaf Al-Qur’an standar Indonesia (MSI) yang berjumlah 604 halaman. Dengan asumsi jumlah hari berpuasa selama 29 hari, maka agar dapat mengkhatamkan Al-Qur’an setiap hari membaca sebanyak 21 atau 22 halaman (11 lembar).

Keutamaan Mengkhatamkan Al-Qur’an

Mengkhatamkan Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang memiliki nilai pahala serta berkah yang besar. Salah satu keutamaan tersebut, tercatat dalam sebuah riwayat berikut:

إِذَا خَتَمَ الْعَبْدُ القُرْآنَ صَلَّى عَلَيْهِ عِنْدَ خَتْمِهِ سِتُّوْنَ أَلـْفِ مَلَكٍ

Artinya: “Apabila seseorang mengkhatamkan Al-Qur’an, maka 60.000 malaikat memohonkan rahmat untuknya pada saat khatamannya” (HR Ad-Dailami).

Demikian penjelasan mengenai tips mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Selain tips di atas, umat musli juga perlu niat yang kuat agar target khatam dapat tercapai. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>