TNI Siap Amankan Arus Mudik Lebaran Idul Fitri dengan 67.955 Prajurit Siap Gerak


Ilustrasi: Polisi mengatur lalu lintas di jalur wisata Jalan Parangtritis, Kretek, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu (4/5/2022). (Foto: antara)

AKTUALITAS.ID – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto secara resmi mengumumkan bahwa TNI telah siap mengawal serta mengamankan arus mudik dan arus balik pada musim libur lebaran Idul Fitri tahun 2024. 

“TNI telah menyiapkan total 67.955 prajurit dari tiga matra untuk mendukung Polri dalam pengamanan menjelang sampai berakhirnya libur hari raya Idul Fitri tahun 2024, atau saat arus mudik hingga arus balik,” ujar Agus saat rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Ia merinci kesiapan TNI tersebut meliputi 51.457 prajurit dari matra Angkatan Darat (AD) yang tersebar di berbagai Komando Daerah Militer (Kodam). Sementara itu, matra Angkatan Laut (AL) menyiapkan 4.900 prajurit dari 14 pangkalan utamanya, dan matra Angkatan Udara (AU) akan menggelar pasukan sebanyak 11.598 prajurit dari seluruh pangkalan udara yang dimiliki.

Jenderal Agus juga memperkirakan bahwa jumlah pemudik pada musim lebaran tahun ini mencapai 193,6 juta orang, dengan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 April 2024 yang bertepatan dengan cuti bersama hari pertama Idul Fitri 2024, dengan jumlah 26,6 juta orang. Sementara puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 14 April mendatang.

Adapun tujuan utama pemudik di Pulau Jawa adalah ke Jawa Tengah dengan jumlah 61,6 juta pemudik, diikuti oleh Jawa Timur sebanyak 37,6 juta orang, dan Jawa Barat sebanyak 31,3 juta orang.

Dalam hal moda transportasi, ia juga menyampaikan bahwa para pemudik akan menggunakan berbagai jenis transportasi. Diperkirakan sebanyak 4,44 juta orang akan menggunakan pesawat terbang, 3 juta orang akan menggunakan kapal laut, 39,32 juta orang akan menggunakan moda kereta api, 37,51 juta warga akan menggunakan armada bus, 35,42 juta memakai kendaraan pribadi, dan 31,12 juta orang akan menggunakan sepeda motor.

Kesiapan TNI dengan jumlah prajurit yang besar ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik selama musim libur lebaran Idul Fitri, serta membantu mengurangi potensi terjadinya gangguan keamanan selama arus mudik dan arus balik. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>