Catat Rekor Tertinggi: 33 Juta Orang Menggunakan MRT pada 2023


Ilustrasi. Suasana didalam MRT Jakarta (IST)

AKTUALITAS.ID – MRT Jakarta (Perseroda) mencatat pencapaian gemilang dengan jumlah penumpang mencapai 33 juta orang sepanjang tahun 2023. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, di mana pada 2015 hanya terdapat 15 juta penumpang yang menggunakan MRT.

Tahun-tahun terakhir ini, seperti halnya transportasi umum lainnya, MRT Jakarta juga terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Pada 2020, jumlah penumpang turun drastis menjadi 9 juta, dan mengalami sedikit peningkatan menjadi 7 juta pada 2021. 

Namun, di tengah upaya pemulihan dari pandemi, jumlah penumpang MRT Jakarta melesat kembali pada 2022 dengan mencapai 19 juta penumpang, terutama setelah pemberian kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah.

Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat, menyampaikan kebanggaannya terhadap pencapaian ini dalam konferensi pers Hari MRT 2024. 

“Kami pantau terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang 2023 mencapai 33 juta penumpang. Jadi, penumpang sudah di atas 90.000 per hari. Ini angka yang luar biasa,” ungkap Tuhiyat dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Tidak hanya itu, peningkatan jumlah penumpang juga terus terjadi pada awal tahun 2024. Pada Januari, terdapat 120.000 penumpang, sedangkan pada Februari mencapai 122.000 penumpang. Hal ini menunjukkan adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan transportasi umum, terutama mengingat berbagai dampak negatif penggunaan kendaraan pribadi seperti konsumsi bahan bakar, biaya tol, kemacetan, dan sebagainya.

Tuhiyat juga menekankan upaya MRT Jakarta dalam meningkatkan kualitas layanan dengan fokus pada keselamatan, keamanan, kenyamanan, kehandalahan, kemudahan, dan keterjangkauan. Hal ini tercermin dari indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan yang mencapai 88,5% pada tahun 2023.

Dengan pencapaian yang gemilang ini, MRT Jakarta terus berkomitmen untuk menjadi pilihan utama masyarakat dalam transportasi umum, memberikan kontribusi positif terhadap mobilitas perkotaan, dan mendukung pengurangan dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan pribadi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>