Do’a yang Dianjurkan untuk Dibaca saat Terjadi Gempa Bumi


Ilustrasi. Berdoa (Foto: istock)

AKTUALITAS.ID – Beberapa hari ini, sejumlah daerah di Indonesia dilanda gempa bumi, termasuk di Gresik, Jawa Timur, yang mengingatkan kita akan pentingnya tetap tenang dan berdoa dalam menghadapi bencana alam.

Menurut para ulama dan ahli keagamaan, saat terjadi gempa bumi, umat Islam diajak untuk tidak panik dan cemas berlebihan. “Kita dituntut untuk sabar sembari berusaha menyelamatkan diri dan keluarga,” kata Ustadz Ahmad dalam khotbah Jumatnya di Masjid Al-Ikhlas, Gresik.

Selain itu, dalam situasi seperti ini, penting bagi umat Islam untuk membaca doa khusus sebagai bentuk tawakal kepada Allah SWT. 

Doa yang dianjurkan saat terjadi gempa adalah:

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Masyarakat diimbau untuk selalu menjaga ketenangan dan berdoa agar diberikan keselamatan dan penjagaan oleh Allah SWT dalam menghadapi musibah gempa bumi maupun bencana alam lainnya. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya. Amin. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>