Menhub Umumkan Penambahan Kapal TBB di Bakauheni untuk Antisipasi Lonjakan Arus Balik


Antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni. (foto Antara)

AKTUALITAS.ID – Menghadapi potensi lonjakan penumpang dan kendaraan dalam arus balik, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan penambahan kapal yang beroperasi dengan pola TBB (tiba, bongkar, berangkat) di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

Dalam keterangan kepada wartawan di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024), Budi menjelaskan, “Pada besok (15/4/2024) terutama, kami memberikan opsi lima kapal untuk TBB.” 

Meskipun selama beberapa hari terakhir hanya ada tiga kapal yang menerapkan TBB, Budi menegaskan bahwa pelayanan telah berjalan dengan baik. “Jadi artinya sudah landai. Konservatif gitu ya,” ujarnya.

Dengan tambahan kapal TBB dari tiga unit menjadi lima unit, diharapkan pelayanan arus balik dapat lebih lancar. Sebelumnya, kapal TBB telah beroperasi dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang, membantu menyeimbangkan jumlah perjalanan kapal antara Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni.

Budi juga menekankan pentingnya pemanfaatan optimal Pelabuhan Panjang oleh masyarakat Bandar Lampung dalam arus balik ini. “Dan yang penting untuk arus balik ini bagaimana Pelabuhan Panjang difungsikan dengan baik dan masyarakat dari Bandar Lampung menggunakannya secara maksimal,” katanya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyediakan 66 unit kapal dalam pelayanan arus balik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, serta sebaliknya dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. 

Data dari perusahaan mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang dan kendaraan yang diseberangkan, dengan penumpang arus balik dari Bakauheni ke Merak mencapai 115.950 orang pada Sabtu (13/4/2024), naik dari 68.939 orang pada hari sebelumnya. Jumlah kendaraan roda dua juga mengalami peningkatan menjadi 12.544 unit, sementara kendaraan roda empat mencapai 14.415 unit pada hari yang sama.

Keseluruhan, langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan transportasi laut dan memastikan kelancaran arus balik bagi masyarakat yang pulang ke kampung halaman setelah merayakan hari raya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>