Iran Balas Serangan Israel Sesuai Pasal 51 Piagam PBB


Kondisi infrastruktur Jalur Gaza yang hancur akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023. (Anadolu)

AKTUALITAS.ID – Iran telah melancarkan serangan terhadap Israel sebagai tanggapan atas serangan mematikan terhadap tempat diplomatik Iran di Damaskus. 

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh IRNA, utusan tetap Iran untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mempertahankan tindakan tersebut dengan mengutip Pasal 51 Piagam PBB yang memperbolehkan pertahanan yang sah.

Pernyataan tersebut menegaskan bahwa konflik yang sedang berlangsung adalah antara Iran dan rezim penjajah Israel, dan Amerika Serikat diminta untuk tidak terlibat. Iran menekankan bahwa jika Israel melakukan kesalahan lagi, balasan dari Iran akan jauh lebih parah.

Serangan Iran terjadi setelah Israel melakukan serangan udara terhadap bagian konsuler kedutaan Iran di Damaskus, Suriah. Perwakilan Iran di PBB juga menyatakan bahwa jika Dewan Keamanan mengutuk serangan tersebut dan mengadili para pelakunya, mungkin diperlukan tindakan hukuman terhadap rezim Israel yang dianggap arogan.

Pernyataan tersebut juga merujuk pada ketidakutukan beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis, serta sekutunya, Korea Selatan dan Jepang, yang tidak hanya tidak mengutuk serangan Israel terhadap kedutaan Iran, tetapi juga mencegah dikeluarkannya Pernyataan Dewan Keamanan PBB tentang serangan tersebut. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>