Antisipasi Banjir, Pemkab Kudus Alokasikan Anggaran Rp3,8 Miliar Bangun Drainase


Aktivitas pembuatan saluran drainase di Jalan Sunan Kudus, Jawa Tengah, pada bulan November 2023 yang merupakan tahap pertama. Kini dilanjutkan ke tahap kedua. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terus berlanjut dengan proyek pembuatan drainase dan trotoar di Jalan Sunan Kudus. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,8 miliar untuk proyek ini. 

Kepala Dinas PUPR, Arif Budi Siswanto, menjelaskan bahwa pembangunan tersebut merupakan langkah preventif untuk mengatasi banjir yang sering melanda kawasan Perempatan Jember Kudus saat musim hujan.

“Proyek ini terbagi menjadi dua tahap, dengan tahap pertama sepanjang 176 meter sudah dikerjakan dengan anggaran Rp2,62 miliar, ” kata Arif di Kudus, Selasa (24/4/2024). 

Tahap kedua akan melibatkan pembangunan saluran drainase sepanjang 496 meter, dengan kedalaman 3 meter dan lebar 1,2 meter. Drainase ini akan menggunakan pipa beton RCP (Reinforced Concrete Pipe) untuk mengoptimalkan fungsi serta daya tahan infrastruktur.

Salah satu poin penting dari proyek ini adalah pengalihan arus lalu lintas yang akan dilakukan untuk mendukung kelancaran pembangunan. Koordinasi akan dilakukan dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Kudus untuk meminimalisir dampak terhadap aktivitas lalu lintas sehari-hari.

Meskipun awalnya pembangunan direncanakan dilakukan pada bulan puasa, namun karena pertimbangan tradisi Dandangan, proyek tersebut mengalami penundaan. Rencana pengajuan lelang elektronik dijadwalkan dilakukan pada bulan Mei 2024, dengan perkiraan pengerjaan antara bulan Juni-Juli 2024. Target penyelesaian proyek adalah dalam waktu 60 hari setelah dimulainya pengerjaan.

Dengan pembangunan drainase ini, diharapkan banjir yang kerap mengganggu kawasan Perempatan Jember Kudus dapat teratasi, karena air hujan akan langsung dibuang ke Sungai Gelis melalui sistem drainase yang baru dibangun. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>