Connect with us

Berita

Prakiraan Cuaca Jakarta: BMKG Prediksi Seluruh Wilayah Berawan

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah administrasi Jakarta dan Kepulauan Seribu pada hari Senin. Seluruh wilayah diprediksi akan berawan sepanjang pagi dan malam hari nanti.

Pada pagi hari ini, Jakarta Barat diperkirakan akan berawan tebal, sementara wilayah lainnya seperti Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprediksi berawan.

Memasuki siang hari, sebagian besar kawasan Jakarta akan mengalami cuaca cerah berawan. Wilayah yang diperkirakan cerah berawan meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Sementara itu, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat diprediksi akan tetap berawan.

Pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta diperkirakan akan tetap berawan. Namun, kondisi ini kemungkinan bertahan hingga dini hari, kecuali untuk Kepulauan Seribu yang diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Suhu rata-rata di Jakarta hari ini berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara antara 60 hingga 85 persen. 

Menanggapi kondisi udara Jakarta yang memburuk beberapa waktu terakhir, BMKG berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan modifikasi cuaca di Jakarta. 

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, menyatakan bahwa sesuai arahan Penjabat Gubernur, tim telah melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta. Upaya ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi udara yang memburuk dan diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas udara di Jakarta.

TMC merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mengendalikan kondisi cuaca melalui berbagai metode, seperti penyemaian awan untuk memicu hujan. Langkah ini diambil sebagai upaya mitigasi terhadap polusi udara yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan warga Jakarta. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending