Connect with us

Olahraga

Bantai Timor Leste 6-2, Indonesia U-19 ke Semifinal Piala AFF 

Published

on

Pesepak bola Timnas Indonesia Jens Raven (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam pertandingan penyisihan Grup A Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/7/2024). (ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Timnas Indonesia U-19 sukses melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2024 setelah memetik kemenangan ketiga di Grup A dengan skor 6-2 melawan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Selasa malam. Kemenangan ini mengantarkan Indonesia menjadi juara grup dengan total sembilan poin.

Enam gol Indonesia dicetak oleh Jens Raven (18′, 26′), Figo Dennis (45′), Kadek Arel (50′), Arkhan Kaka (53′), dan Muhammad Kafiatur (56′). Timor Leste hanya mampu membalas dengan dua gol melalui Ricardo Rorinho Dos Santos (23′) dan Alexandro Bahkito (85′).

Pada laga ini, Indonesia yang melakukan rotasi pemain langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan. Meski begitu, tak ada peluang berarti pada 10 menit pertama, sementara Timor Leste beberapa kali melakukan serangan balik.

Peluang berbahaya pertama bagi Indonesia datang pada menit ke-15 saat Muhammad Ragil yang turun sebagai starter mendapat bola di dalam kotak penalti. Namun, tendangannya masih lemah.

Setelah peluang Ragil, anak-anak asuh Indra Sjafri mulai menemukan celah di pertahanan Timor Leste. Gol pembuka datang pada menit ke-18 melalui Jens Raven yang memanfaatkan situasi sepak pojok dari Muhammad Kafiatur.

Timor Leste segera membalas pada menit ke-23 melalui penalti yang dieksekusi oleh kapten mereka, Ricardo Rorinho Dos Santos, setelah Alexandro Bahkito dilanggar di kotak penalti.

Merah Putih kembali meningkatkan intensitas serangannya. Pada menit ke-26, Jens Raven mencatatkan gol keduanya setelah menerima assist cantik dari Kafiatur. Menjelang akhir babak pertama, Figo Dennis menambah keunggulan Indonesia dengan tendangan jarak jauh yang membentur mistar gawang dan masuk setelah mengenai badan kiper Timor Leste.

Memasuki babak kedua, Indonesia tetap agresif dan mencetak dua gol cepat. Kadek Arel mencetak gol keempat pada menit ke-50, disusul Arkhan Kaka pada menit ke-53. Muhammad Kafiatur melengkapi kemenangan Indonesia dengan gol pada menit ke-56 melalui tendangan keras jarak jauh.

Meski unggul jauh, Indonesia tetap berupaya menambah gol. Namun, beberapa peluang gagal dimanfaatkan dengan baik. Timor Leste memperkecil kedudukan pada menit ke-85 melalui gol Alexandro Bahkito.

Pertandingan berakhir dengan skor 6-2 untuk kemenangan Indonesia. Hasil ini memastikan langkah Garuda Muda ke semifinal Piala AFF U-19 2024. Di semifinal, mereka akan menghadapi pemenang Grup C yang diperebutkan antara Malaysia U-19 dan Thailand U-19.

Dengan performa gemilang ini, harapan besar tertuju pada Timnas Indonesia U-19 untuk bisa melangkah lebih jauh dan meraih gelar juara di turnamen ini. (KAISAR/RAFI)

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-19: Ikram Algiffari, Rizdjar Nurviat Subagja, Felix Kamuru, Kadek Arel (C), Figo Dennis, Jens Raven, Muhammad Kafiatur, Welberliesskott Jardim, Sultan Zaky Pramana, Muhammad Ragil, Iqbal Gwijangge

Pelatih: Indra Sjafri

Timor Leste U-19: Alexandre Quintao, Rui Juman, Carol Moreira, Aureo Viera Cruz, Palomito Antonio, Alexandro Bahkito, Vabio Canavaro, Ricardo Rorinho Dos Santos (C), Leonio Quilton, Ario Melip Ximenes, Marques de Carvalho

Pelatih: Eduardo Pereira

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending