Artis, Narkoba, dan Kita


Istimewa

AKTUALITAS.ID – Seleberiti….ya seleberiti, mungkin langsung terlintas dipikiran kita jika mendengar kata seleberiti atau artis, yaitu sosok public figur  yang selalu menghiasi mata kita di televisi. Seseorang yang borjuis dengan pergaulan high class, dan uang yang melimpah.

Tidak sedikit baik orang tua, anak muda, atau anak yang seumur jagungpun berangan angan ingin menjadi seorang artis. Bagaimana tidak, kehidupan mereka tak akan lepas dari perhatian ribuan manusia, baik di Indonesia maupun di luar negeri yang selalu jadi incaran media massa.

Banyaknya sorotan yang dilakukan oleh media massa  secara tidak sadar membuat mata kita selalu dijejali oleh kehidupannya dan perilaku artis itu sendiri.

Namun, pertanyaan yang terbesit adalah, bagaimana para perilaku dan kehidupan artis artis ini baik luar maupun dalam negeri bisa menjadi panutan kehidupan kita sendiri??  Apakah artis yang yang menghiasi mata kita selama 24 jam , 7 hari dalam seminggu mayoritas memberikan  contoh yang bisa membanggakan bagi kehidupan kita??

Hal ini menjadi penting mengingat peran mereka sebagai publik figur yang jadi idola dari berbagai lapisan masyarakat. Namun fenomena yang terjadi sangat berbeda.

Hingga pertegahan juli 2019 ini saja, setidaknya ada sepuluh artis yang ditangkap oleh polisi terkait penyalahgunaan narkoba baik sabu ,ganja, maupun ekstasi dan lain sebagainya.

Seperti Pelantun lagu “Aishiteru”, Zul Zifili, Bassist Boomerang, Hubert Jenry Limaheu, Caca Duo Molek, Pencipta lagu, Yanto Sari, Aris Idol, Bintang FTV, Agung Saga, aktor Sandi Tumiwa, Komedian Nunung, Jefri Nichol, dan pemeran preman pensiun, Zulfikar. Belum lagi ditahun tahun sebelumnya.

Ads Aktualitas

Kecewanya, disaat beberapa artis menolak bahkan ada yang menjadi duta narkoba. Namun, malah ikut terjerembab kelembah hitam narkoba itu sendiri.  Miris…kata itu mungkin yang bisa kita ungkapkan. Bagaimana tidak, narkoba bagaikan magnet. Seruan menolak narkoba tersiar dimanapun,  tapi tetap saja narkoba memiliki daya jerat yang lain dengan triknya sendiri mencari mangsa.

Memang tidak mudah hidup dalam dunia hiburan yang sangat lekat dengan narkoba. Para artis ini dituntut untuk selalu tidak  boleh merasakan lelah, selalu harus bisa tersenyum di depan khalayak, alih alih solusinya adalah narkoba untuk menjaga stamina. Namun, inilah  bahayanya bagi kita, jika para public figur kedapatan menjadi pengguna narkoba dan selalu disodorkan ke mata kita melalui layar kaca, dibandingkan penangkapan pecandu narkoba yang dilakukan kebanyakan orang.

Bahayanya adalah, selebriti memiliki banyak penggemar. Sebagian penggemar menganggap idola mereka bagian dari identitas atau karakteristik menarik sang artis bukan sebagai hal yang keliru.

Oleh karena itu, pemberantasan narkoba merupakan agenda penting bangsa ini, peranan semua pihak tentu sangat dibutuhkan khususnya pemerintah dalam mengatur regulasinya  dalam memberantas narkoba agar memastikan narkoba benar-benar dapat hilang dari Indonesia.

Namun, seberapa besarkah niatan kita dan bangsa ini untuk memerangi dan menghilangkan narkoba dari jeratan generasi kita? [Kiki Budi Hartawan]

Ads Aktualitas