Moeldoko Sebut Koalisi Tetap Solid Meski TKN Dibubarkan


Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyapa warga usai menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.AKTUALITAS.ID / KIKI BUDI HARTAWAN

AKTUALITAS.ID – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin akan dibubarkan pada sore hari ini, Jumat (26/7). Kendati demikian, Wakil Ketua TKN Moeldoko memastikan koalisi pendukung Jokowi masih akan tetap solid.

Ia juga tak menutup kemungkinan bergabungnya partai politik lain di dalam koalisi pendukung Jokowi ini.  “Saya katakan koalisi bisa bertambah, bahasa bertambah kan plus. Koalisi plus-plus,” kata Moeldoko di kantornya Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, dalam dunia politik, tak ada koalisi yang bersifat permanen. Partai politik akan selalu bergerak dinamis sesuai dengan situasi dan kondisi.

“Itu sekali lagi dalam perpolitikan nggak ada yang stagnan. Nggak ada yang berhenti. Dinamis. Selalu bergerak dan pergerakannya bisa cepat bisa lambat sesuai situasi dan kondisi,” ujar dia. 

Menurutnya, pembubaran TKN merupakan hal yang wajar setelah tugas-tugasnya di dalam pilpres telah berakhir. Namun, koalisi pendukung Jokowi akan tetap solid untuk menjaga stabilitas pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif.

“Koalisi adalah bagaimana membangun sebuah kekuatan bersama dalam rangka pemenangan, yang kedua, dalam rangka menjaga stabilitas pemerintahan baik di eksekutif atau legislatif nanti. Itu lah tujuan panjang,” jelas dia.

Saat pertarungan pilpres 2019 lalu, Jokowi dan Ma’ruf Amin didukung oleh sepuluh partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja. Mereka yakni PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Nasdem, PPP, Hanura, PSI, Perindo, PKPI, dan juga PBB.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>