PKB Minta Presiden Jokowi Perlu Kecermatan Menyusun Kabinet


AKTUALITAS.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak tergesa-gesa dalam menyusun kabinet periode keduanya. PKB mengingatkan Jokowi untuk mempertimbangkan aspek keseimbangan koalisi dan oposisi.

“Kami menilai ada baiknya proses penyusunan kabinet dilakukan dengan tidak tergesa dan mempertimbangkan segala aspek baik kapasitas, kapabilitas calon pembantu presiden maupun pertimbangan politis terkait soliditas kabinet selama lima tahun bekerja,” kata Wasekjen PKB Syaiful Huda kepada wartawan, Jumat (18/10).

PKB menilai ketidakseimbangan koalisi dan oposisi akan membuat pengawasan terhadap kepemimpinan Jokowi lima tahun ke depan lemah. Karena itu, menurutnya, diperlukan kecermatan dalam menyusun kabinet.

“Tantangan-tantangan tersebut membutuhkan person-person kuat di kabinet, sehingga proses memilih mereka harus dilakukan secara seksama dan sekali lagi tidak perlu terburu-buru,” jelasnya.

Huda kemudian menyinggung soal UU Nomor 39 Tahun 2018 yang mengatur tentang batasan waktu penyusunan kabinet. Di mana, dalam aturan tersebut presiden terpilih memiliki waktu 14 hari untuk menyusun kabinet, terhitung sejak pelantikan.

“Akan lebih baik waktu tersebut dimanfaatkan secara seksama sehingga kabinet yang terbentuk betul-betul menjawab tantangan berat pemerintah dalam lima tahun mendatang,” ujar Huda.

Seperti diketahui, peluang partai oposisi yakni Gerindra, PAN dan Demokrat untuk masuk kabinet masih terbuka. Para pimpinan tiga partai itu juga sudah bertemu Jokowi guna membicarakan kemungkinan mereka masuk koalisi.

Eks Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir sebelumnya berharap agar Jokowi memilih yang berjuang memenangkannya untuk masuk kabinet. Dia juga berharap orang-orang tersebut memiliki rekam jejak yang baik.

“Saya selalu bilang, siapa pun yang terpilih saya berharap orang-orang yang berkeringat kemarin dan yang penting punya track record yang baik,” kata Erick seusai bertemu Seskab Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Sementara itu, Jokowi sendiri menyatakan penyusunan kabinetnya sudah rampung. Ia pun dikabarkan akan mengumumkan nama-nama menterinya di hari yang sama dengan pelantikan, pada Minggu (20/10).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>