Waspada, BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir Bakal Terjadi Selama Sepekan


Ilustrasi-hujan, (Foto:Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memperkirakan dalam sepekan ke depan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang. Hujan berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia selama sepekan mulai 11-17 November 2019.

Hal ini berdasarkan melemahnya intensitas siklon tropis “NAKRI” di Laut Cina Selatan menyebabkan angin timuran di selatan ekuator turut mengalami pelemahan dan dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia.

“Daerah pertemuan dan belokan angin diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo di Jakarta, Senin, (11/11).

Menurut dia, kondisi atmosfer yang tidak stabil di sebagian besar wilayah tersebut juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan.

Daerah yang mengalami hujan selama 11-14 November 2019 yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.

Sementara itu, hujan juga bakal terjadi di beberapa daerah selama 15-17 November 2019. Yakni di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, dan Papua.

Selain potensi hujan lebat, potensi gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter pada periode 11-17 November 2019 juga berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Simeulue-Kepulauan Mentawai, Perairan barat Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Lombok, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara Barat.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>