Ciptakan Karya Jurnalistik Berkualitas, PWI Karawang Gelar Seminar Pers Zaman Now


Logo PWI, Istimewa

AKTUALITAS.ID – PWI Kabupaten Karawang menyelenggarakan seminar peningkatan kapasitas jurnalis dengan tema ‘Pers Zaman Now’ di Restoran Dewi Air, Kabupaten Karawang, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan tersebut merupakan bukti komitmen PWI dan Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana dalam menciptakan karya jurnalistik yang berkualitas dan konstruktif.

Acara yang diikuti puluhan peserta dari para jurnalis dan mahasiswa itu dibuka langsung oleh Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana. Hadir selaku pemateri Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, Ketua Komisi Kompetensi Wartawan PWI Pusat Kamsul Hasan, Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait, serta Polres Karawang.

Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana menyatakan, Pemkab Karawang berkewajiban mendukung PWI dalam menciptakan dunia pers yang berkualitas. Diakui dia, pers menjadi bagian dari agen pembangunan di Tanah Air.

Menurut dia, kemajuan Kabupaten Karawang selama ini tidak terlepas dari peran pers. Berkat peran pers, sambung dia, program pembangunan yang digulirkannya bisa diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

‘’Antara pemerintah dan pers akan selalu bermitra demi kemajuan bangsa ini,’’ ujar Cellica dalam sambutannya.

Ketua PWI Provinsi Jabar H Hilman Hidayat dalam naskah sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Karawang dan PWI Karawang yang aktif membangun dunia pers yang berkualitas.

Menurut dia, sejumlah upaya yang dilakukan PWI dalam membangun pers berkualitas, yakni dengan menggulirkan pelatihan peningkatan kapasitas jurnalis dan menyelenggarakan ujian sertifikasi wartawan.

Menurut dia, karya jurnalistik yang dituangkan dalam pemberitaan harus bermuara pada kemajuan bangsa.

‘’Sesuai UU 40 tahun 1999, di tengah pers nasional yang harus memenuhi hak informasi masyarakat, juga harus membantu pemerintah sesuai fungsinya,’’ ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Karawang Aep Saepulloh menambahkan, seminar peningkatan kapasitas jurnalis akan menjadi agenda rutin PWI Kabupaten Karawang. Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab PWI dalam mendongkrak kualitas pers dan jurnalis.

‘’Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung,’’ ujarnya. Dalam kesempatan itu, Aep mengajak insan pers di Kabupaten Karawang untuk meningkatkan kualitas karyanya dalam memenuhi hak informasi masyarakat.    [Republika]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>