Saling Ejek, Dua Ormas Bentrok di Depan PCNU Solo


Bentrokan dua ormas di Solo

AKTUALITAS.ID – Bentrokan terjadi di depan kantor PCNU Surakarta siang ini. Keributan itu terjadi di antara dua ormas di Solo.

“Kami identifikasi massa ada dari kantor PCNU dan satunya ialah peserta demonstrasi di Polresta tadi, DSKS (Dewan Syariah Kota Surakarta),” kata Wakapolresta Surakarta AKBP Iwan Saktiadi kepada wartawan di lokasi kejadian, Jumat (6/12).

Demonstrasi di Mapolresta Surakarta yang dimaksud terkait kasus Gus Muwafiq. Polisi langsung mempertemukan kedua pihak di lokasi kejadian. Meski sempat alot, kedua kelompok membubarkan diri.

“Kami pertemukan pimpinannya. Mereka sudah berbicara sendiri, juga sudah ketemu, saling memahami. Dan intinya mereka sepakat menyelesaikan masalah dengan baik dan membubarkan diri,” kata dia.

Sementara itu, juru bicara DSKS Endro Sudarsono membenarkan demonstrasi di Mapolresta Surakarta adalah dari DSKS. Namun dia menampik jika aksi bentrokan dilakukan DSKS.

“Kalau bentrokan, itu kami tidak tahu. Karena kami sejak di Polresta sudah mengimbau agar tidak lewat di situ dan pulang secara tertib,” kata Endro melalui telepon.

Sedangkan menurut saksi, Wawan, kejadian bermula pada sekitar pukul 14.40 WIB. Saat itu salah satu massa melakukan konvoi melewati kantor PCNU di Jalan Honggowongso, Solo.

Sementara itu, kata Wawan, massa lainnya sudah bersiaga di kantor PCNU.

“Sempat ada saling lempar batu dan kayu. Lalu polisi datang dan menengahi,” katanya.

Aparat kepolisian yang datang antara lain dari Satuan Sabhara dan Brimob. Mereka memisahkan kedua massa di sisi utara dan selatan.

Pantauan saat ini, pukul 17.00 WIB, massa yang sempat bertahan di sekitar kantor PCNU akhirnya bubar. Mereka membubarkan diri dengan tertib.

Arus lalu lintas tampak tersendat. Polisi mengalihkan arus dari utara untuk berbelok ke Jalan Kalilarangan. Sedangkan arus dari selatan dapat melintasi lokasi itu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>