BMKG: Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Akhir Tahun


Foto : Istimewa

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi pada akhir tahun ini.

Dalam catatan BMKG, potensi cuaca ekstrem itu meliputi beberapa daerah yakni Sumatera, Kalimantan, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan, wilayah-wilayah di Indonesia itu telah memasuki musim penghujan. “Kondisi ini diakibatkan adanya faktor dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini,” kata Dwikorita di Jakarta, Senin (23/12).

Dwikorita menjelaskan, dinamika atmosfer karena adanya moonson Asia yang mulai menunjukkan aktivitasnya. Dari tanda itu terjadi peningkatan massa udara basah dan terbentuknya pola konvergensi, perkembangan dan belokan angin di beberapa wilayah. “Hujan terjadi dimulai pada saat menjelang siang hingga sore hari,” katanya.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat waspada. Terutama, saat hari liburan, masyarakat juga diminta untuk menjauhi pohon maupun bangunan-bangunan yang berpotensi roboh atau tumbang.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>