Diterjang Puting Beliung, Belasan Pohon di Keraton Solo Tumbang Rusak Warung dan Musala


Ilustrasi angin kencang,

AKTUALITAS.ID – Belasan pohon di kawasan Alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta tumbang akibat angin puting beliung pada Kamis (25/12).

Pohon tumbang ini menyebabkan sejumlah warung, musala Pagelaran Keraton dan sebagian pagar Alun-alun Lor mengalami kerusakan.

“Ada 14 pohon yang ambruk di Alun-alun utara. Tapi ringin kurung (2 pohon sebagai lambang keraton) masih utuh,” ujar Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Eko Prajudhy Noor Aly, Kamis (26/12).

Pantauan di lokasi, petugas BPBD dan relawan sedang mengevakuasi sejumlah pohon yang tumbang pagi ini. Sejumlah pohon lainnya telah dievakuasi dan dibersihkan usai peristiwa.

Selain BPBD, evakuasi juga melibatkan dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup yang memiliki armada sampah.

Sedikitnya ada 3 warung di sekitar Pasar Cenderamata timur alun-alun yang mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa pohon. Sejak pagi warga memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Di tempat lainnya, sejumlah petugas dari keraton mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa musala dan toilet pagelaran. Kerusakan terjadi pada atap musala dan toilet hingga menyebabkan kebocoran.

Salah satu petinggi Keraton Surakarta, Gray Koes Moertiyah menyampaikan, pohon yang ambruk bukanlah ringin kurung yang bernama Jayandaru dan Dewandaru. Menurutnya, pohon ditanam setelah era orde baru. Penanaman dilakukan sebagai simbol partai yang berkuasa saat itu.

“Kalau ringin kurung, Jayandaru dan Dewandaru tidak tumbang, semua masih berdiri,” pungkas dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>