Banjir Jakarta, Menko PMK: Belum Jadi Bencana Nasional


Sejumlah mobil terendam banjir di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy meninjau pintu air Manggarai, Kamis (2/1/2020). Ia didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Muhadjir mengatakan, banjir yang terjadi sejak 1 Januari kemarin dan saat ini ada beberapa titik di Ibu Kota masih ada yang tergenang, belum dijadikan bencana nasional.

Penetapan status menjadi bencana nasional baru bisa dilakukan, jika ada usulan dari daerah. Namun ia yakin, DKI mampu.

“Masih sedang dipertimbangkan. Yang jelas belum ditetapkan penetapan status. Itu sangat tergantung Pemda DKI kalau Pemda DKI sanggup mengatasi, saya kira tidak perlu ada darurat nasional itu,” jelas Muhadjir, di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Kamis 2 Januari 2019.

Dia mengatakan, sejauh ini penanganan yang dilakukan DKI sudah cukup baik. Terutama pengaturan air yang ada di pintu air ini.

“Langkah-langkahnya sudah sangat tepat. Termasuk dalam mengelola arus jalur air utama ini. Kalau masih ada daerah yang banjir itu memang suatu pilihan yang sulit,” jelasnya.

Air yang masih ada di sini, kata dia, rencananya akan dialirkan segera mungkin. Sehingga air baru yang datang dari Bogor bisa tertampung, dan tidak meluber. “Mudah mudahan dalam waktu tidak lama segera bisa habis lah airnya,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>