Cegah Jakarta Banjir Lagi, DKI Siap Operasikan 450 Pompa


Warga mengamankan motor dari banjir yang merendam kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Pemprov DKI siap mengoperasikan minimal 450 pompa yang tersebar di seluruh wilayah ibu kota untuk mencegah banjir kembali menggenang.

Menurut Kepala Sumber Daya Air (SDA) DKI, Juaini Yusuf, ke-450 pompa telah dilaporkan dalam keadaan siap beroperasi mengantisipasi cuaca ekstrem yang diproyeksi berlangsung hingga Februari atau Maret.

“Laporan terakhir, pompa yang siap beroperasi 450-an,” ujar Juaini di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, (13/1/2019).

Juaini menyampaikan, sebaran pompa, hampir merata di seluruh wilayah. Setiap wilayah dipastikan terlayani jika pun ada unit pompa yang terpaksa harus mengalami perawatan saat cuaca ekstrem melanda.

“Dari satu rumah pompa, misal ada empat unit pompa. Tiga beroperasi, satu kita perbaiki. Itu tidak akan mengganggu (upaya menyedot genangan),” ujar Juaini.

Juaini juga mengemukakan, DKI melakukan antisipasi, misalnya untuk mencegah pompa terendam, dengan cara meninggikan pompa itu. Juaini berjanji sarana-prasarana DKI difungsikan optimal mencegah banjir melanda lagi.

“Kalau kemarin ada pompa yang terendam, nanti kita naikkan. Kemarin ada yang terendam, lalu listriknya dimatikan. Ke depan, kita amankan ekstra, jadi operasionalnya tidak terganggu,” ujar Juaini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>