Ketua KPU Tegaskan Tidak Ada Anggota Lain Terlibat Kasus Wahyu Setiawan


Komisioner KPU Arief Budiman saat mensosialisasikan Peilu 2019 ke 170 duta besar negara asing di Kantor KPU, Selasa (2/4/2019). AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Ketua KPU Arief Budiman menegaskan tidak ada anggota KPU lain yang terlibat dalam suap pergantian antar waktu (PAW) calon legislatif PDIP terhadap anggota KPU Wahyu Setiawan. Hal tersebut menjawab peringatan anggota Fraksi PDIP Johan Budi dalam rapat di Komisi II DPR.

“Sampai hari ini kan enggak ada dan kami sudah sampaikan ke publik ke KPK juga gimana kami ambil keputusan untuk hal ini. Yang kemudian disangkakan menjadi perkara kepada Pak Wahyu Setiawan,” ujar Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dia santai menanggapi tudingan Johan Budi. Mantan Jubir KPK itu mengingatkan bisa saja anggota KPU lain terlibat rasuah. Arief menegaskan, kalau memang ada yang terlibat silahkan ditangkap.

“Kalau tidak terlibat jangan dikait-kaitkan, tapi kalau ada yang terlibat silakan ditangkap. Gitu saja,” ucapnya.

Arief menegaskan, masalah PAW sudah selesai dalam pleno beberapa waktu lalu. KPU memutuskan tidak dapat memproses permintaan PDIP untuk mengganti Riezky Aprilia dengan Harun Masiku. Di luar proses itu, Arief menegaskan sudah di luar kontrol KPU.

“Dalam surat kami kan sudah jelas bahwa kami sudah menetapkan, dan bahwa kami tidak dapat memproses usulan ini. Itu saja,” ucapnya.

KPU, kata Arief, akan lebih hati-hati dan detail dalam proses pengambilan keputusan di masa depan. Dia mengatakan, selama ini KPU mengambil keputusan sesuai prosedur dan diambil dalam pleno yang jumlahnya sudah kuorum.

“Ya mungkin proses-proses pengambilan kebijakan harus dilakukan lebih detil. Ada yang menekan atau tidak,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>