Suap Komisioner KPU, Polri Siap Bantu KPK Buru Harun Masiku


Harun Masiku/Istimewa

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih berupaya mencari Harun Masiku, politikus PDIP yang kini jadi buronan. Polri mengatakan siap untuk membantu KPK mencari Harun Masiku.

“Tentunya kita masih menunggu permintaan KPK. Kita akan melihat tapi pada prinsipnya polisi akan maksimal membantu sesuai aturan. Ada permintaan dari KPK, yang bersangkutan sudah tersangka seperti apa nanti dan yang bersangkutan ada dimana, kita maksimal membantu,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, Selasa (14/1/2020).

Brigjen Argo mengatakan Polri akan menunggu permintaan KPK. Nantinya, Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) akan berkoordinasi dengan atasan kepolisian luar megeri untuk mencari Harun Masiku bila Harun ada di luar negeri.

“Apa yang bersangkutan sudah ditetapkan tersangka, apakah yang bersangkutan sudah ditetapkan DPO. Dan tentu divhubinter yang akan bekerja misal yang bersangkutan ada diluar negeri,” ucapnya.

Seperti diketahui, nama Harun Masiku masih menjadi buruan KPK. Harun merupakan tersangka dugaan kasus suap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Harun disebut pergi ke Singapura 2 hari sebelum operasi tangkap tangan (OTT) dan hingga saat ini belum terlacak keberadaannya.

KPK resmi menetapkan Harun Masiku dan Wahyu Setiawan sebagai tersangka pada Kamis, 9 Januari 2020. Harun diduga memberi suap Wahyu berkaitan dengan kepentingan Harun dalam pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari PDIP yang meninggal dunia yakni Nazarudin Kiemas.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>