Batas Penangguhan Umrah Tak Jelas, Kemenag Himbau Travel Setop Pendaftaran


Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Arfi Hatim, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kementerian Agama mengimbau seluruh biro atau penyedia layanan jasa perjalanan atau travel umrah agar untuk sementara waktu tidak menerima pendaftaran jemaah baru. Sebab, penangguhan umrah sebagaimana kebijakan pemerintah Arab Saudi sejak 27 Februari itu belum jelas berakhir kapan.

“Kami imbau untuk penyelenggara tidak terima dulu penerimaan pendaftar umrah—gimana mau terima kalau kondisi begini, karena belum ada kepastian,” kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Arfi Hatim, di Jakarta, Minggu, (8/3/2020).

Imbauan itu dia sampaikan supaya pengelolaan perjalanan ibadah umrah tidak berantakan saat pelarangan umrah dibuka kembali. Sebab, pemerintah akan memprioritaskan jemaah yang tertunda umrahnya sekarang. “Maka jangan dulu terima pendaftaran karena menjual sesuatu harus ada kejelasannya, sedangkan dalam agama dilarang jual janji.”

Berdasarkan catatannya, jemaah yang terdampak pelarangan sementara umrah itu terdaftar hingga Juni 2020 dan harus diterbangkan oleh 20 maskapai penerbangan. Karenanya, pendaftaran umrah tambahan tidak bisa dipaksakan.

“Kalau mau terima harus ada kepastian tiketnya, misalnya 1 April, 1 Mei, minimal harus ada booking-an tiket ke Garuda atau maskapai lain. Maka dalam kondisi begini kami imbau tidak terima dulu penerimaan umrah,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>