Update Corona di Papua 26 April: 142 Positif, 38 Sembuh, 7 Meninggal


Ilustrasi virus corona, Foto/Ist

AKTUALITAS.ID – Kasus virus Corona (Covid-19) di Provinsi Papua bertambah. Hingga Minggu (26/4/2020), pukul 19.30 WIT, terdapat 142 orang yang dinyatakan positif Corona.

“Jadi penambahan kasus positif Covid-19 di Papua, hari ini ada tambahan lima orang positif Corona. Total ada 142 orang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, Minggu, (26/4/2020).

Selain tambahan kasus positif Corona, Silwanus juga membeberkan hasil tracing yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 Papua. Dari hasil tracing, orang dalam pemantauan (ODP) ada 4.029 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 142 orang.

“Yang tersebar di 11 kabupaten dan kota di Papua,” tuturnya.

Silwanus melanjutkan, dari 142 kasus positif Covid-19 itu, 97 orang atau 68 persen di antaranya dirawat, 38 orang sembuh dan tujuh orang meninggal atau 5 persen.

“Pada saat ini Satgas Covid-19 Papua telah berhasil melakukan pemeriksaan PCR sebanyak 752 sampel,” ujarnya.

Kemudian, untuk persebaran virus Corona, tercatat sebanyak 11 kabupaten dari lima wilayah adat. Rinciannya, yang terbanyak saat ini dengan angka positif Covid-19 berada di Kabupaten Mimika yakni 41 pasien, 32 orang dalam perawatan, enam dinyatakan sembuh, dan tiga meninggal dunia.

Kota Jayapura 39 pasien positif dengan 18 orang dirawat. “Dari 39 pasien tersebut, empat orang adalah ABK dari salah satu kapal milik PT Pelni, yang hari ini masih dalam perawatan di salah satu rumah sakit pemerintah di Kota Jayapura,” kata dia.

Kemudian, pasien sembuh di Kota Jayapura sebanyak 18 orang dan meninggal tiga orang. Kabupaten Jayapura 29 pasien positif, 22 orang dirawat, dua orang di antaranya dirujuk ke Kota Jayapura. Selain itu, enam orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Untuk Kabupaten Keerom, jumlah kasus positif 10, dengan delapan orang sedang dalam perawatan dan dua orang sudah dinyatakan sembuh. Kabupaten Merauke, sembilan kasus positif, lima masih dalam perawatan dan empat dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Kabupaten Sarmi empat pasien positif dan dua dirujuk ke rumah sakit di Kota dan Kabupaten Jayapura. Dua orang sudah dinyatakan sembuh. Di Kabupaten Nabire, terdapat tiga kasus positif dan ketiganya dalam perawatan. Kabupaten Jayawijaya mencatat tiga kasus dan semuanya masih menjalani perawatan.

Selanjutnya, Kabupaten Biak Numfor dua kasus dan sementara dalam perawatan. Kabupaten Mamberamo Tengah ada satu kasus dan masih menjalani perawatan di RSU Wamena. Kabupaten Boven Digul satu kasus dan dirawat di RSUD Merauke.

Ia melanjutkan, untuk tambahan lima kasus baru pada hari ini berasal dari Kabupaten Jayapura dua orang, Kota Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, serta Kabupaten Keerom masing-masing satu orang.

“Untuk Kabupaten Jayawijaya kita memberikan perhatian khusus, karena kita mendapatkan satu kasus positif di sana,” lanjutnya.

Dia juga menyatakan, pasien sembuh sudah mencapai 38 orang. Terbanyak di Kota Jayapura yakni 18 orang. Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, masing-masing sebanyak enam orang, Merauke empat orang dan Sarmi serta Kabupaten Keerom masing-masing dua pasien.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>