Update Corona di Papua 2 Mei: 240 Positif, 59 Sembuh, 7 Meninggal


Ilustrasi virus corona. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Jumlah pasien positif corona atau Covid-19 di Provinsi Papua kian bertambah signifikan. Dari data yang disampaikan Juru Bicara Satgas penanganan COVID-19 Papua, Silwanus Sumule, melalui keterangan persnya, jumlah per Sabtu, 2 Mei 2020 bertambah 30 orang kasus positif atau total sebanyak 240 kasus. Pada hal hari Jumat, 1 Mei 2020 jumlahnya 210.

“Jumlah penambahan pasien positif di Papua cukup berarti. Hari ini bertambah 30 kasus, jadi total 240 kasus,” kata dr Silwanus, Sabtu, (2/5/2020).

Dari jumlah 240 kasus positif ini, sebanyak 174 orang dalam perawatan, sembuh 59 orang, dan meninggal 7 kasus. Tambahan 30 kasus baru ini berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Mimika sebanyak 20 kasus dan Kota Jayapura sebanyak 10 kasus.

Selanjutnya, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.275 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 310 orang.

“Kemarin jumlah PDP kita 240 orang, hari ini bertambah 70 orang, jadi total 310 orang. Untuk ODP bertambah 207 kasus sehingga menjadi 2.275 kasus lebih tinggi dari jumlah kemarin sebanyak 2.068 orang.” tandasnya.

Silwanus menjelaskan, penambahan pasien positif di Papua menunjukan bahwa tenaga medis kabupaten/kota sudah bekerja keras untuk menemukan sedini mungkin warga yang terpapar Covid-19.

“Kita harus catat bahwa peningkatan kasus ini menunjukan tenaga medis kita sangat serius berusaha menemukan kasus sedini mungkin. Petugas kesehatan kita sudah menjalankan fungsi surveilance sedini mungkin dan langsung memberikan treatment dan menemukan pasien untuk dirawat,”ungkapnya.

Ia melanjutkan, kepada masyarakat di Papua agar tetap menjalankan himbau pemerintah terapkan social distancing dan physical distancing, selalu menjaga jarak dan tidak usah keluar rumah bila tidak perlu supaya tidak ada penyebaran yang lebih meluas pada masyarakat, sebab sudah terjadi penyebaran lokal di Papua.

Adapun rincian penyebaran visur corona atau COVID-19 di Papua diantaranya, Kabupaten Mimika 87 kasus, Kota Jayapura 54 kasus, Kabupaten Jayapura 36, Nabire 16 kasus, Merauke 13 kasus, Biak 11 kasus, Keerom 10 kasus, Sarmi 4 kasus, Jayawijaya 3 kasus, Mamberamo tengah 2 kasus Boven Digoel 2 kasus dan Supiori 2 kasus.

Silwanus menambahkan, adanya peningkatan kasus positif di Mimika, khususnya di PT Freeport Indonesi, Satgas Covid-19 Papua terus menjalin komunikasi dengan Tim gugus tugas di Kabupaten Mimika.

“Kami menyarankan agar tim surveilance bekerja lebih keras lagi untuk temukan kasus sedini mungkin. Kita terus komunikasi denganTim gugus tugas, tim medis, semua harus kerja keras temukan kasus sedini mungkin agar bisa di trace lagi, namun kalau mau cepat harus segera di lakukan test massal,“kata Silwanus.

Silwanus menyampaikan bila angka kasus positif di PT Freeport terus meningkat, dikuatirkan fasilitas di rumah sakit Freeport tidak bisa menampung semua pasien.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>