Kisah Nabi Muhammad Tolak Tawaran Malaikat


Nabi Muhammad SAW pernah menolak tawaran malaikat yang siap membinasakan kaum yang menyakitinya. Namun, tawaran dari malaikat itu ditolak Nabi dengan lembut.

“Aku hanya berharap kepada Allah Subhaanahu Wata’ala, seandainya saat ini mereka tidak menerima Islam, semoga kelak di antara keturunan mereka akan lahir orang-orang yang menyembah dan beribadah kepada Allah Subhaanahu Wata’ala,” kata Nabi saat menyampaikan penolakan tawaran malaikat.

Tawaran malaikat penjaga gunung kepada Nabi Muhammad itu terjadi di Qarnul Manazil, setelah melihat Nabi disakiti oleh penduduk di Thaif sampai berlumuran darah. Malaikat penjaga gunung itu atas izin Allah Subhanahu Wata’ala berkata, “Apa pun yang engkau perintahkan akan kulaksanakan. Bila engkau sukai, akan ku benturkan gunung-gunung yang ada di sekitar kota ini sehingga siapa saja yang tinggal di antaranya akan hancur binasa. Atau apa pun hukuman yang engkau inginkan.” Begitulah tawaran malaikat yang ditolak Nabi Muhammad.

Syaikhul hadits Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal mengatakan, selama sembilan tahun, sejak masa kerasulan, Nabi Muhammad SAW telah berusaha menyampaikan ajaran Islam dan mengusahakan hidayah serta perbaikan kaumnya di Makkah. “Namun, kebanyakan orang-orang Makkah selalu menyakiti, memperolok-olok, dan berbuat semena-mena terhadap Baginda Nabi Muhammad dan para sahabat kecuali sekelompok kecil orang yang sudah masuk Islam dan beberapa orang yang selalu membantu beliau walaupun belum masuk Islam,” katanya.

Pada tahun ke-10 kenabian ketika Abu Thalib paman Rasulullah meninggal dunia, kaum kafir mendapat kesempatan untuk mencegah perkembangan Islam dan menyakiti kaum Muslimin secara lebih leluasa. Untuk menghindari penindasan itu, Rasulullah pergi ke Thaif yang didiami kabilah Tasqif yang berjumlah besar dengan harapan apabila kabilah tersebut masuk Islam, kaum Muslimin akan terbebas dari berbagai penderitaan dan Thaif akan menjadi fondasi penyebaran agama Islam.

Maulana Zakariyya al-Kandahlawi menceritakan, setibanya di Thaif, Baginda Rasulullah langsung menemui tiga orang yang ditokohkan. Rasulullah mengajak mereka untuk hanya beribadah kepada Allah.

“Akan tetapi, mereka bukannya menerima atau paling tidak berlaku sopan kepada tamu yang baru datang sebagaimana adat bangsa Arab yang terkenal dengan memuliakan tamu, bahkan mereka tanpa basa-basi menyambut beliau dengan sikap dan akhlak yang sangat buruk,” katanya.

Bahkan, mereka pun tidak rela Baginda Rasulullah tinggal di situ. Padahal, orang-orang yang yang dianggap sebagai tokoh seharusnya berbicara dengan sopan dan berakhlak mulia kepada seorang tamu.

Maulana Zakariyya mengisahkan bagaimana mereka merendahkan Rasulullah kala itu. Salah satu di antara mereka ada yang berkata, “Oh kamu orang yang diutus oleh Allah sebagai nabi.” Kemudian, yang kedua berkata, “Apakah Allah tidak menemukan selain kamu untuk diutus sebagai rasul.” Sementara itu, yang ketiga juga sama, merendahkan Rasulullah.

“Aku tidak mau berbicara dengan kamu, sebab jika kamu memang seorang nabi seperti pengakuanmu, lalu aku menolakmu, tentu aku tidak lepas dari musibah. Jika kamu pembohong, aku tidak mau bicara dengan pembohong.”

Mendengar ejekan itu Rasulullah tidak berputus asa dan terus berusaha untuk mendekati masyarakat umum, tetapi tidak seorang pun yang mau mendengarkannya. Jangankan menerima, bahkan mereka mengusir Rasulullah. “Tinggalkan segera kami, pergilah ke mana kamu!”

Maulana Zakariyya al-Kandahlawi mengatakan, ketika Baginda Rasulullah sudah tidak dapat mengharapkan mereka dan bersiap-siap untuk kembali, mereka menyuruh anak-anak kota membuntuti Rasulullah. Mereka lalu mengganggu, mencaci, dan melempari Rasulullah dengan batu sehingga kedua sandal beliau berlumur darah. Dalam keadaan seperti itulah Rasulullah meninggalkan Thaif. Di tengah perjalanan, tatkala sudah merasa aman dari gangguan anak-anak nakal itu, beliau berdoa kepada Allah.

“Ya Allah, aku adukan kepada-Mu lemahnya kekuatanku, habisnya upayaku, dan kehinaanku dalam pandangan manusia. Wahai Yang Maha Penyayang melebihi sekalian penyayang, Engkaulah Tuhan orang-orang yang tertindas dan Engkaulah Tuhanku. Kepada siapakah Engkau serahkan diriku? Kepada orang asing yang akan memandangku dengan muka masam atau kepada musuh yang Engkau kuasakan kepadanya segala urusanku? Tiada keberatan bagiku asalkan Engkau tidak murka kepadaku. Perlindungan-Mu sudah cukup bagiku. Aku berlindung kepada-Mu dengan Nur-Dzat-Mu yang menyinari segala kegelapan, dan dengannya menjadi baik segala urusan dunia dan akhirat. Aku berlindung dari turunnya kemarahan-Mu kepadaku atau kemurkaan-Mu kepadaku. Aku sanggup berbuat apa saja, hingga Engkau ridha. Tiada daya dan upaya melainkan denganmu.”

Setelah doa inilah Allah Subhanahu Wata’ala Penguasa Alam pun memperlihatkan keperkasaannya dan mengutus Malaikat Jibril AS untuk datang memberi salam kepada Nabi. Ia berkata, “Allah Subhanahu Wata’ala mendengar ucapanmu dan jawaban kamu dan Dia mengutus kepadamu malaikat penjaga gunung agar siap melaksanakan apa pun perintahmu kepadanya.”

“Namun, perintah pembinasaan kaum kafir itu ditolak Rasulullah dengan lembut. Demikianlah akhlak Rasulullah yang mulia,” kata syaikhul hadits Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi.

Syekh Maulana mengingatkan bahwa kita mengaku sebagai pengikutnya Nabi Muhammad SAW. Namun, ketika sedikit kesulitan atau celaan menimpa kita, kita langsung marah, bahkan menuntut balas seumur hidup. Kezaliman dibalas dengan kezaliman, sambil kita terus mengaku sebagai umat Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Meskipun mengalami penderitaan dan kesusahan yang berat, Rasulullah SAW tidak berdoa buruk dan tidak menuntut balas,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>