Wagub: Angka Kemiskinan di DKI Naik 1,11 Persen di Tengah Pandemi Corona


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pandemi virus Corona berdampak ke sektor ekonomi. Riza mengatakan, angka kemiskinan di DKI Jakarta naik di tengah pandemi Corona.

“Di DKI Jakarta sendiri angka kemiskinan naik sekitar 1,11 persen di tengah pandemi COVID-19, dari semula 3,42 persen pada September 2019, menjadi 4,53 persen pada Maret 2020,” ujar Riza melalui video dalam Webinar Kertas Kebijakan Reformasi Perlindungan Sosial, Jumat (2/10/2020).

Riza mengatakan, berdasarkan data dari BPS hingga Maret 2020 itu, total angka kemiskinan di Indonesia kini berjumlah 26,42 juta orang. Jumlah tersebut meningkat 1,63 persen dibanding tahun 2020.

“BPS menyatakan pandemi COVID-19 berdampak pada jumlah penduduk miskin sebanyak 1,63 juta orang dibandingkan periode September 2019. Dengan demikian, jumlah penduduk miskin di Indonesia saat ini tercatat sebanyak 26,42 juta orang,” ucapnya.

Menurut Riza, Pemprov DKI Jakarta juga menyalurkan sejumlah bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan tersebut berupa bansos dan stimulus fiskal.

“Berbagai sumber pendanaan terutama APBD telah dialokasikan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk membantu warga miskin yang dibagi ke tiga bentuk, yakni bansos, pengobatan dan stimulus fiskal,” kata Riza.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>