Jelang Perayaan Tahun Baru di Bandung, Sejumlah Ruas Jalan Akan Ditutup


Ilsutrasi, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Jajaran forum lalu lintas dan jalan yang terdiri dari Satlantas Polrestabes, Dishub Kota Bandung, dan Satpol PP akan menambah penutupan jalan saat perayaan natal dan malam tahun baru. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran kasus COVID-19 di Kota Bandung.

“Untuk malam tahun baru ada penutupan yang dilakukan, sudah berjalan selama ini 10 hari di jalur ring satu dan dua dan malam tahun baru ditambah ring tiga yaitu penutupan beberapa ruas setelah gerbang tol,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol M Rano Hadiyanto kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Kamis (17/12/2020).

Perlu menjadi catatan, bukan gerbang tol yang ditutup melainkan jalanan setelah gerbang tol. Rano sempat memberikan contoh rekayasa penutupan jalan.

“Jadi misalnya contoh setelah GT Buah Batu ada jalan terusan Buah Batu nanti di sana ada pos pengamanan pukul 18.00 WIB sampai 05.00 WIB dilakukan penutupan secara selektif, maksudnya apabila ada misal konvoi dari arah Soreang ingin merayakan tahun baru di Bandung kita akan imbau untuk kembali ke Soreang,” ucapnya.

Lebih lanjut, jarak dari tiap gerbang tol direncanakan sekitar satu sampai dua kilometer. Sementara bagi warga yang bekerja dapat menunjukkan identitasnya. “Warga Kota Bandung tidak usah khawatir pulang bekerja tempat tinggal di Bandung bisa menunjukkan identitas kepada petugas yang bertugas akan diberikan akses,” kata Rano.

Pihaknya menyiagakan 300 personil dari Polrestabes kemudian digabung dengan Polsek, Dishub, Satpol PP di pos pam seperti pengamanan Natal dan tahun baru sebelumnya. Pengamanan ini akan berlangsung dari 21 Desember 2020-4 Januari 2021.

“Jajaran yang diamankan tempat wisata dan jalur menuju tempat wisata seperti jalur menuju Lembang apabila terjadi peningkatan kendaraan akan dilakukan rekayasa lalu lintas,” katanya.

“Jika ingin merayakan dengan eskalasi besar diimbau kembali. Pribadi selama tujuannya tidak merayakan kita boleh. Minimal dengan ada penyekatan kita imbau masyarakat tidak usah merayakan tahun baru dengan tujuan kerumunan berkurang, di rumah saja,” ujar Rano.

Ini daftar jalan ditutup di Bandung:

Penutupan Jalan Ring 1

  1. Jalan Otista Pasar Baru
  2. Jalan Asia Afrika Tamblong
  3. Jalan Naripan Tamblong
  4. Jalan Braga
  5. Jalan Banceuy Asia Afrika
  6. Jalan Lembong Tamblong
  7. Jalan Merdeka
  8. Jalan Ir H Djuanda (Cikago Dago s/d Simpang Dago)
  9. Jalan Purnawarman
  10. Jalan Dipatiukur

Penutupan Jalan Ring 2

  1. Jalan Ahmad Yani-Riau
  2. Jalan Gatot Subroto-Lingkar Selatan
  3. Jalan Lodaya-Lingkar Selatan
  4. Jalan Buah Batu-Lingkar Selatan
  5. Jalan M Ramdan-Lingkar Selatan (Patung Ikan)
  6. Jalan Moh. Toha-Lingkar Selatan
  7. Jalan Otista BKR
  8. Jalan Kopo – Peta

Penutupan Jalan Ring 3

  1. Bundaran Cibeureum
  2. GT Pasir Koja
  3. GT Moh Toha
  4. GT Buah Batu
  5. GT Kopo
  6. GT Pasteur
  7. Bunderan Cibiru
  8. Gunung Batu
slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>