Wapres Ma’ruf Amin Minta MUI Data Semua Ormas Islam


Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan pidato dalam acara peluncuran Index Kerawanan Pemilu (IKP) di Jakarta, Selasa (25/2/2020). Bawaslu meluncurkan Pilkada 2020 IKP ini untuk memetakan potensi kerawanan Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung di 270 daerah dengan fungsi antisipasi dan pencegahan dini.AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, menghadiri silaturahmi Pimpinan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Periode 2020-2025. Melalui pesannya, Ma’ruf ingin kepengurusan MUI periode baru ini saling mengenal.

“Ta’aruf tentu saling mengenal, karena kita semua sebenarnya sudah hampir saling kenal semua, tetapi untuk lebih memantapkan saja, lebih mengenal dalam posisinya baik sebagai wakil ketua maupun sekretaris atau wakil sekretaris,” kata Ma’ruf dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu (19/12/2020).

Ma’ruf juga mengarahkan, untuk kembali mendata organisasi masyarakat Islam apa saja yang tergabung dalam badan MUI. Harapannya, agar MUI dapat merangkul semua suara mereka saat menjalankan rapat.

“Ormas-ormas ini kita list (data) kembali supaya jumlahnya jelas dan organisasi apa saja. Sebab nanti apabila kita melakukan rapat pleno, kita harapkan ormas-ormas ini bisa mengambil keputusan bersama yang menjadi keputusan ormas-ormas Islam,” jelas arahan Ma’ruf.

Dengan kejelasan data, menurut Ma’ruf, keputusan diambil MUI diharapkan tidak sepihak. Sebab, dia meyakini, banyak yang harus dikerjakan bersama. Walaupun rumusan pokoknya ada di Dewan Pertimbangan tapi eksekusinya detailnya tentu ada di Dewan Pengurus Harian.

“Saya ingin membuat situasi yang baru, saling mengisi sesuai fungsinya jangan melewati seperti yang digariskan Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PDPRT),” tutup Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>