BPBD: Bendungan Katulampa Siaga III, Warga DKI Diminta Waspada


Katulampa, Foto: Ist

AKTUALITAS.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan status waspada pada Bendungan Katulampa. Warga diminta untuk waspada terhadap potensi banjir.

Informasi tersebut disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya pada Minggu (7/2/2021).

BPBD mencatat tinggi permukaan air di Bendung Katulampa mencapai 130 cm pada pukul 06.00 WIB, setelah hujan yang melanda semalaman. BPBD mencatat status menjadi Waspada atau Siaga III banjir.

Sebelumnya, pada pukul 04.00 WIB tinggi permukaan air berada di 50 cm akibat hujan dengan status Normal atau Siaga IV.

Berlanjut pada pukul 05.00 WIB tinggi permukaan air naik menjadi 70 cm dengan status Siaga IV.

BPBD memberikan peringatan waspada untuk lintasan Sungai Ciliwung pada 6-9 jam ke depan akan sampai di pintu air Manggarai. BPBD mengingatkan masyarakat yang berada di sekitar lintasan air sungai untuk waspada.

Adapun beberapa daerah yang berada di sekitar lintasan di antaranya Balekambang, Bali Mester, Baru, Bidara Cina, Bukit Duri, Cawang, Cikoko, Cililitan, Duren Tiga, Gedong, Jagakarsa, Kalibata, Kalisari, Kampung Melayu, Kampung Tengah, Kebon Baru, Kebon Manggis, Lenteng Agung, Pal Meriam, Pancoran, Pejaten Timur, Pengadegan, Rawajati, Srengseng Sawah, Tanjung Barat, dan Manggarai.

BPBD sendiri saat ini telah menginformasikan hal tersebut pada camat dan lurah di kawasan terkait.

Selain Bendung Katulampa, status Siaga III juga terjadi di Sunter Hulu dengan tinggi muka air 160 cm. Sementara status Siaga II terjadi di pintu air Pasar Ikan dengan tinggi muka air 225 cm.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>