Buntut Isu Kudeta, Jhoni Allen Marbun Diadili Partai Demokrat


Poster Jhoni Allen Marbun, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kader Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun mulai diadili oleh Dewan Kehormatan dan Mahkamah Partai Demokrat terkait dugaan keterlibatan upaya kudeta terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa pihaknya menggunakan mekanisme internal berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat dalam menelusuri dugaan keterlibatan kader internalnya ini.

“Untuk kader yang terlibat, saat ini sedang dalam proses pendalaman di Dewan Kehormatan dan Mahkamah Partai,” kata Herzaky dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Dia menjelaskan, sejumlah tahapan harus dilalui dalam menangani isu kudeta terhadap AHY. Menurutnya, proses penanganannya pun harus dilakukan secara cermat.

“Ada tahapan-tahapan yang mesti dilalui, dan kami akan melaluinya semuanya, karena kami taat azas dan penuh dengan kehati-hatian,” kata Herzaky.

Dugaan keterlibatan Jhoni dalam upaya kudeta terhadap AHY sebelumnya diungkap oleh Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron.

Pemilik sapaan akrab Hero itu mengonfirmasi bahwa kader aktif di partainya yang terlibat dalam upaya kudeta terhadap AHY adalah Jhoni.

“Ya benar,” kata Hero.

Sejumlah kader Demokrat di level DPD pun sebelumnya telah mengungkap peran Jhoni dalam yang aktif melobi untuk melancarkan upaya kudeta AHY lewat penyelenggaran Kongres Luar Biasa (KLB).

Jhoni Allen adalah anggota DPR fraksi demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Utara II.

Pada masa kampanye Pileg 2019 silam, Jhoni memajang wajah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada alat peraga kampanyenya.

Padahal, saat itu Demokrat merupakan bagian dari koalisi yang mendukung Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>