Ketua DPC PDIP Solo Dukung Prananda Menjadi Penurus Megawati


Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (keempat kiri) didampingi Ketua Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani (ketiga kiri) dan Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital Prananda Prabowo (keempat kanan) berfoto bersama perwakilan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung dalam Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020). PDI Perjuangan secara resmi mengumumkan 49 pasangan calon untuk diusung dalam Pilkada tahun 2020. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyatakan dukungannya untuk putra Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo untuk menjadi Ketua Umum pada Kongres PDIP 2024 mendatang. Hal itu disampaikan setelah Megawati menyatakan siap turun dari pucuk pimpinan partai berlambang banteng itu.

Rudy mengatakan jabatan Ketua Umum PDIP harus dijabat trah Soekarno yang masih konsisten memegang Marhaenisme. Di samping Prananda, Rudy menyebut ada Puti Guntur Soekarno Putri. Namun Rudy menilai Prananda sebagai sosok yang paling layak di antara tiga nama tersebut.

“Kalau Ibu Mega memang sudah betul-betul menyerahkan kepemimpinan ini kepada kader yang lainnya, menurut saya yang layak ya mas Prananda itu,” katanya, Sabtu (10/4/2021).

Menurut Rudy, Prananda seorang pemikir yang tidak memiliki banyak kepentingan. Selama ini ia dianggap telah banyak berkontribusi kepada PDIP. Ia juga banyak berinovasi untuk pengembangan partai.

“Selama ini beliau sudah banyak berperan dan tidak punya keinginan untuk menjadi seorang menteri, anggota DPR, maupun yang lain,” katanya.

Diakui, selama ini Prananda memang kurang dikenal publik dibanding Puan Maharani. Ia juga tidak pernah menduduki jabatan publik seperti Puan. Namun menurut Rudy, hal itu tidak menjadi ganjalan mengingat kontribusi Prananda yang cukup besar di internal partai.

“Di PDIP, jabatan publik bukan sesuatu yang utama. Yang jelas beliau sudah meniti karir dari bawah hingga sekarang bertugas di DPP,” katanya.

Rudy menegaskan dukungannya kepada Prananda murni pendapat pribadi berdasarkan penilaian obyektif. Ia juga belum pernah menyampaikan dukungan tersebut kepada Prananda maupun pihak lain.

“Ini pendapat saya pribadi. Komunikasi memang ada. Tapi tidak menyinggung sampai di situ,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>