Soal Lonjakan Tempat Wisata, Jokowi: Hati-hati Dua Minggu ke Depan


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan mobilitas masyarakat di sejumlah tempat wisata sepanjang libur Lebaran Idulfitri 2021 naik drastis. Jokowi pun meminta jajarannya waspada dua minggu ke depan.

“Saya melihat dari grafis dan kurva yang ada, mobilitas masyarakat di hari Lebaran kemarin, di tempat-tempat wisata ini naik tinggi sekali 38 persen sampai 100,8 persen. Hati-hati dua minggu ke depan,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan secara virtual kepada kepala daerah se-Indonesia dari Istana Negara Jakarta, dikutip Selasa (18/5).

Jokowi memerintahkan tempat wisata di zona merah dan oranye untuk ditutup sementara. Sedangkan tempat wisata di zona hijau, menurutnya, boleh buka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan di bawah pengawasan Satgas Covid-19.

“Yang kuning dan hijau buka tetapi sekali lagi petugas harus ada di sana, satgas harus ada di sana. Sehingga protokol kesehatan secara ketat tetap dilaksanakan, tidak boleh lepas manajemen, lepas tata kelola kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan tingkat keterisian kamar hotel juga mengalami kenaikan di sejumlah provinsi selama libur lebaran lalu. Menurutnya, hal itu baik dari segi ekonomi, namun sisi penanganan Covid-19 harus tetap diperhatikan.

“Kepri ada kenaikan, keterisian hotel, keterpakaian hotel dari 10 melompat menjadi 80. Itu baik untuk ekonomi, tapi hati-hati untuk Covid-19-nya, hati-hati. DKI Jakarta juga naik dari 36 melompat ke 53 juga hati-hati. Banten dari 26 ke 43, hati-hati. Lampung dari 30 ke 45 hati-hati,” ujar Jokowi.
Lihat juga: Rangkuman Covid: Klaster Tarawih, Wajib Isolasi Usai Mudik

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta dan beberapa provinsi lain seperti Jawa Barat hingga Banten dipadati warga saat libur Lebaran 2021. Guna menghindari kerumunan warga, pemerintah provinsi setempat pun akhirnya memutuskan untuk melakukan pembatasan hingga penutupan akses masuk di beberapa objek wisata.

Pada Sabtu (15/5), antrean kendaraan mengular di jalan menuju tiga lokasi wisata di Jakarta Utara, yakni Pantai Indah Kapuk (PIK), Pantai Pasir Putih, dan Pantai Maju. Guna mencegah kerumunan massa, polisi akhirnya menutup akses masuk menuju tiga lokasi tersebut.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menutup sementara tiga tempat wisata di Jakarta yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan, mulai 16-17 Mei 2021.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>