Jokowi Ingatkan agar Komoditas Ekspor Indonesia Bukanlah Produk Mentah


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelepasan merdeka ekspor pertanian tahun 2021. Presiden Jokowi mengingatkan agar ekspor dilakukan dengan tidak membuat ketimpangan stok di dalam negeri.

“Ekspor beras ke Saudi, kalau memang sudah dihitung betul beras kita berlebih dan mampu ekspor ya ekspor saja. Tapi dihitung dikalkukasi bahwa memang benar stok itu cukup untuk kebutuhan dalam negeri dulu didahulukan kalau ada sisa baru diekspor,” wanti Presiden Jokowi saat kegiatan tersebut, seperti disaksikan secara daring melalui channel Youtube Sekretarian Presiden, Sabtu (14/8/2021).

Presiden Jokowi juga mengingatkan, agar komoditas ekspor Indonesia bukanlah produk mentah. Melainkan produk hasil hilirisasi yang bisa disambungkan ke rantai pasok nasional dan global.

“Jangan ekspor mentahan, saya minta ekspor sudah dalam bentuk tercacah atau bisa barang jadi karena target kita hilirisasi, saya juga minta sambungkan dengan suplai chain nasional dan global sehingga tani mudah ekspor, sehingga bisa berkembang menjadi sentra pertanian berorientasi ekspor,” harap Presiden Jokowi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>